Sabtu, 20 Desember 2014
Tribunnews.com

Tingkatkan Pengetahuan, Gapensi Gelar SMK-3

Rabu, 25 April 2012 19:01 WIB

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Steven Greatness

TRIBUNNEWS.COM, PONTIANAK - Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kalbar mengadakan pelatihan bimbingan teknis (Bimtek) Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK-3) Konstruksi, sertifikasi ahli muda K3, dan uji kompetensi tenaga kerja tukang di Pontianak, Rabu (25/4/2012).

Ketua BPD Gapensi Kalbar, Fachrudin D Siregar, mengatakan pelatihan Bimtek merupakan bagian dari pembinaan sumber daya manusia dalam tubuh Gapensi Kalbar.

"Ini bagian dari program rutin kami untuk meningkatkan pengetahuan anggota. SMK-3 sangat penting diketahui dan pahami pelaksana kontruksi, sayang sosialisasinya masih kurang," katanya.

Oleh sebab itu, kami bersama pihak-pihak yang sudah melakukan MOU dengan Gapensi berinisiatif melaksanakan pelatihan dan Bimtek. Meskipun sebenarnya SMK-3 sudah lama, tapi sempat stagnan beberapa tahun penerapannya. Tahun ini mulai digalakkan lagi dan Gapensi Kalbar yang dapat kehormatan untuk menjadi yang pertama melaksanakan pelatihan ini.

"Kami jadi pilot project, tentunya kesempatan dari pusat ini kami sambut baik. Tahap pertama ini memang baru tiga kabupaten/kota, ada beberapa keterbatasan. Melihat kondisi dan situasi saat ini, baru sadar SMK-3 penting," ujar Udin sapaan Fachrudin D Siregar.

Menurutnya, peserta yang direncanakan 60 peserta, ternyata yang daftar sampai 85 orang. Dengan begitu, membuktikan pelatihan dan Bimtek sangat tinggi diminati oleh anggota Gapensi kabupaten/kota. Mudah-mudahan ke depan dari kabupaten/kota lagi juga dapat kesempatan yang sama. Ini kemajuan bagi Gapensi Kalbar, paparnya.

Wakil Ketua BPD Gapensi Kalbar, A Kadir Sulma, mengatakan sasaran pelatihan dan Bimtek adalah tenaga kerja tukang dan buruh yang tujuannya agar mereka terlindung dari kecelakaan kerja.

"Tujuan pelatihan ini untuk menjaga buruh dan tenaga kerja konstruksi terlindung dari kecelakaan sehingga keselamatan tenaga kerja terjamin," jelasny.

Peserta yang berasal dari Kota Pontianak, Kabupaten Pontianak, dan Kubu Raya, terdiri 80 peserta SMK-3, dan 50 tukang.

"Kegiatan ini wujud kerjasama antara Gapensi, Jamsostek, PU, dan pemerintah daerah. Kegiatan ini akan ada lanjutannya ke daerah lain," ujarnya.

Pembukaan dihadiri oleh Ketua Umum BPP Gapensi Pusat, Suharsodjo, dan Wakil Bendahara Erik Suganda, pihak Jamsostek, Dinas PU, dan pejabat pemerintah Kalbar.

Editor: alfons nedabang

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas