• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribunnews.com

Ular Sanca Delapan Meter Ditangkap Warga Penanggalan

Rabu, 25 April 2012 09:02 WIB
Ular Sanca Delapan Meter Ditangkap Warga Penanggalan
BANGKA POS/Iwan Satriawan
Seekor ular sanca sepanjang tujuh meter ditemukan warga Desa Bencah, Kecamatan Airgegas, Bangka Selatan, Sabtu (10/3/2012) sore.

TRIBUNNEWS.COM, SUBULUSSALAM - Warga Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam digemparkan dengan penemuan seekor ular sanca yang panjangnya mencapai delapan meter dan berdiameter sekitar 40 centimeter. Ular itu ditangkap oleh Supriono (37), Senin (23/4/2012) siang di perkebunan warga Desa Sikerabang, Kecamatan Longkib.

Menurut Supriono, ini kali kedua dia menangkap ular besar, karena pada tahun 2011 silam, Supriono juga berhasil menangkap ular sanca sepanjang 7,5 meter. Ular itu ditemukan saat warga sekitar sedang membersihkan lahan perkebunan yang tak jauh dari pemukiman penduduk Desa Sikerabang. Saat itu, beberapa warga terkejut melihat kepala ular yang tegak berdiri. Kejadian itu pun dilaporkan kepada Supriono yang dikenal sebagai pawang ular.

“Kami tangkap bersama warga, karena kalau sendirian mana mampu, ularnya sudah sangat besar,” kata Supriono diamini Hendro, warga Penanggalan.

Supriono mengakui sebelum penangkapan ular ini sudah banyak hewan ternak warga yang dimangsa ular. Kendati demikian, Supriono tidak bisa memastikan kalau pemangsa ternak masyarakat Sikerabang ular yang dia tangkap itu. Lebih jauh dikatakan, hingga kini banyak ular-ular yang ukurannya lebih besar menghuni hutan Kecamatan Longkib. Keyakinan tersebut karena beberapa bulan lalu ada warga yang melihat seekor ular yang ukurannya dua kali lipat lebih besar dari yang ditangkap.

Hal senada diakui Hendro, yang sehari-hari bertugas di Mapolsek Longkib. Hendro mengatakan, selain ular, dirinya bahkan sempat melihat lintah raksasa di perairan Desa Sikerabang. Saking besarnya, ukuran lintah tersebut menurut Hendro mencapai 70-an centimeter dengan diameter antara 20-30 centi meter. ”Saya sendiri yang lihat lintah raksasa, saya tidak tangkap karena terlalu besar, jadi geli,” kata Hendro.

Kini ular tersebut ditaruh di sebuah kandang milik warga di Desa Penanggalan, Kecamatan Penanggalan persis di samping komplek Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Subulussalam dan menjadi tontonan warga sekitar.

Editor: Dewi Agustina
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas