• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 Juli 2014
Tribunnews.com

Bentrok di Gunung Botak 2 Tewas 5 Luka

Rabu, 16 Mei 2012 09:18 WIB
Bentrok di Gunung Botak 2 Tewas 5 Luka
Tribun
ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, AMBON  - Selain di Kota Ambon, bentrokan antarwarga juga terjadi di lokasi pertambangan emas, di kawasan Gunung Botak, Desa Wamsait, Kabupaten Buru, Maluku. Akibat bentrokan tersebut dua orang dilaporkan tewas dan lima lainnya mengalami luka–luka.

Kepala Polda Maluku, Brigjen Syarief Gunawan membenarkan adanya insiden tersebut. Ia mengatakan, bentrokan terjadi anatara masyarakat lokal dan pendatang yang berkepentingan di lokasi tambang tersebut. “Informasi terakhir jumlah korban sudah tujuh orang, ada yang luka parah karena sabetan parang,” kata Syarief kepada wartawan, Rabu (16/5/2012).

Syarief mengungkapkan, setelah mendapatkan laporan tersebut, dirinya langsung memerintahkan anak buahnya ke lapangan untuk mengamankan situasi. “Saya mendapat laporan dari Polres Pulau Buru kalau ada masalah di sana, saya langsung perintahkan polisi ke Gunung Botak,” ungkapnya.

Informasi yang terhimpun menyebutkan, akibat bentrokan tersebut, suasana di lokasi pertambangan menjadi mencekam. Dua warga yang tewas adalah S Lesilawang dan satu lagi yang belum diketahui identitasnya. Ribuan penambang bahkan memilih mengungsi ke Kota Namlea.

Atas insiden tersebut, Bupati Buru Ramli Umasugi sempat mengutarakan penyesalannya. Ramli lantas meminta warga dapat menahan diri dan tidak terpancing dengan isu yang menyesatkan. Ramli juga meminta aparat keamanan agar dapat menyelidiki kasus tersebut secepatnya.

“Saya turut berduka atas kejadian ini. Saya minta warga tetap menahan diri kepada aparat keamanan agar dapat mengusut kasus ini,” katanya.

baca juga:

Editor: Gusti Sawabi
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas