• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 23 September 2014
Tribunnews.com

Kabel Terbakar, Pesawat Merpati Kembali ke Parkir

Selasa, 5 Juni 2012 09:33 WIB
Kabel Terbakar, Pesawat Merpati Kembali ke Parkir
Sriwijaya Post/Fiz
Pesawat Merpati Nusantara Airline yang parkir di apron Bandara International SMB II Palembang, Senin (4/6/2012).

TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG - Pesawat milik maskapai Merpati jenis MA 60 tujuan Palembang yang siap take-off kembali ke parkir atau RTA (Return to Apron) di Bandara Radin Inten II Branti Lampung, Senin (4/6/2012) sekitar pukul 08.40 WIB. Gara-garanya terjadi kerusakan pada instalasi kelistrikan (kabel terbakar).

Pesawat buatan Cina ini sempat dilakukan perbaikan oleh petugas teknik. Penumpang yang hendak ke Palembang dengan nomor penerbangan MZ 3968 yang dijadwalkan landing pukul 09.40 WIB pun akhirnya positif cancel dan tidak diterbangkan, Senin (4/6/2012). Penumpang dialihkan ke penerbangan lain seperti menumpang Lion Air dan Sriwijaya Air.

"Kejadiannya di Lampung, jadi kita koordinasi dengan sana. Prinsipnya kita mengutamakan safety flight. Kalau dipaksakan berbahaya dan kita tidak mau memaksakan. Sehingga diputuskan cancel operation reason," ungkap Supervisor Merpati Nusantara Airline (MNA) Palembang, Erly Agus Maulana ketika dikonfirmasi di Bandara International SMB II Palembang.

Menurut Icax--begitu panggilan akrab Erly Agus Maulana, pihak MNA di Lampung tentunya sudah menjelaskan ke para penumpang tentang kondisi tersebut dan menawarkan tiga solusi.

"Yang mau refund, kita kembalikan uangnya full sebagai kompensasi. Kita juga tawarkan untuk ditransfer ke airline lain (term flight transfer to another airline), atau kita siapkan hotel untuk menginap jika ingin tetap melanjutkan dengan Merpati besok. Semua kita layani," ujar Icax.

Wawan, salah seorang keluarga penumpang MNA di Palembang mengaku, dirinya sudah sempat datang ke bandara pagi hari. Namun setelah ditelepon dari Lampung, ternyata pesawat Merpati Nusantara Airline yang ditumpangi mengalami kerusakan hingga diputuskan cancel.

"Adik saya tadinya sudah telepon minta dijemput di bandara karena memang dia sudah ada di pesawat. Diperkirakan tadinya landing dengan pesawat Merpati di SMB II ini pukul 09.40. Eh, tahu pesawat itu mengalami kerusakan. Sempat katanya pesawat mau dicek dan diperbaiki dan akhirnya cancel. Kabarnya dia kemudian mau naik pesawat Lion atau Sriwijaya Air. Itu pun transit dulu ke Cengkareng," ujar Wawan.

Kejadian kerusakan pesawat Merpati ini kata Wawan pernah juga terjadi pada pekan lalu. Ia berharap pihak manajemen MNA bisa memaksimalkan pemeliharaan terhadap pesawat milik maskapai BUMN ini.

"Minggu lalu sama kejadiannya kayak gini juga. Jadi kita berharap Merpati bisa memperhatikan. Pasalnya maskapai ini satu-satunya terbilang moda transportasi tercepat dan murah yang bisa langsung Palembang-Lampung," tandasnya.

Icax mengakui untuk harga tiket sekarang ini dari Palembang tujuan Lampung Rp 341 ribu dengan waktu tempuh sekitar 50 menit. Pesawat setiap harinya dari Lampung berangkat pukul 08.10 WIB dan tiba di Palembang pukul 09.10 WIB. Sedangkan untuk Palembang-Bandung harga tiketnya Rp 748 ribu. Berangkat dari Bandung pukul 06.30 WIB transit di Lampung selama 30 menit dan tiba di Palembang pukul 09.10 WIB. Selanjutnya pesawat diberangkatkan pukul 09.40 WIB. (fiz)

Baca juga:


Editor: Dewi Agustina
Sumber: Sriwijaya Post
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
593241 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas