Jembatan Tenggarong Ambrol

Terdakwa Kasus Jembatan Kukar Divonis Hari Ini

Hari ini, Rabu (6/6/2012) pukul 11.00, putusan terhadap ketiga terdakwa bakal dibacakan majelis hakim di Pengadilan Negeri (PN) Tenggarong.

Terdakwa Kasus Jembatan Kukar Divonis Hari Ini
Tribun Kaltim/Doan Pardede
Tim SAR berhasil mengangkat satu mobil dari reruntuhan Jembatan Kutai Kartanegara (Kukar), Minggu (4/12/2011).

TRIBUNNEWS.COM, TENGGARONG - Sidang kasus ambruknya Jembatan Kutai Kartanegara (Kukar) dengan ketiga terdakwa, yakni Setiono, Yoyo Suryana dan M Syahriar Fakhrurrozi, bakal memasuki babak akhir. Hari ini, Rabu (6/6/2012) pukul 11.00, putusan terhadap ketiga terdakwa bakal dibacakan majelis hakim di Pengadilan Negeri (PN) Tenggarong.

"Sidang kasus jembatan memasuki agenda putusan Rabu (6/6)," kata Zulkifli Sultan, Humas PN Tenggarong. Dia mengatakan, sidang berlangsung seperti biasa dan tidak ada hal yang khusus.

"Sidang dijadwalkan sekitar jam 11.00. Putusan ketiga terdakwa akan dibacakan secara bergantian mengingat tuntutan mereka berbeda-beda," lanjutnya.

Putusan terdakwa akan dibacakan majelis hakim yang diketuai Ni Putu Sri Indayani dengan anggotanya Nugraheni Meinastiti dan Agus Nazaruddinsyah.

Sidang kasus Jembatan Kukar ini menyeret dua orang pejabat Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar sebagai terdakwa, yakni Yoyo Suryana selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) sekaligus Kabid Binamarga dan Setiono selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK).

Selain itu, kasus ini juga menyeret Project Managet PT Bukaka Tehnik Utama, M Syahriar Fakhrurrozi. Ketiganya sempat menjalani penahanan di Mapolres Kukar pada awal Januari 2012 lalu. Mereka dikenakan pasal 359 dan 360 KUHP tentang kelalaian sehingga mengakibatkan orang luka dan meninggal dunia.

Sementara itu, tragedi ambruknya jembatan Kukar pada 26 November 2011 telah menelan banyak korban, diantaranya 24 orang meninggal dunia, 12 orang dilaporkan hilang, 31 orang luka berat dan 8 orang luka ringan.

Sidang kasus jembatan berlangsung lebih dari 2 bulan sejak sidang perdana, Rabu (21/3/2012) lalu. Sebanyak 59 orang saksi dan 5 ahli dihadirkan dalam sidang yang menyita perhatian banyak orang itu. Sementara itu, 3 orang terdakwa kasus jembatan dituntut 1 tahun 8 bulan atau 20 bulan oleh penuntut umum.

Baca juga:


Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved