Pulau Derawan Semakin Kotor

Salah satu ikon pariwisata di Kabupaten Berau Pulau Derawan ternyata mendapat tantangan serius untuk bisa

Pulau Derawan Semakin Kotor
TRIBUN KALTIM/JANUAR ALAMIJAYA
Wisatawan di Pulau Derawan

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Januar Alamijaya

TRIBUNNEWS.COM, TANJUNG REDEB - Salah satu ikon pariwisata di Kabupaten Berau Pulau Derawan ternyata mendapat tantangan serius untuk bisa mempertahankan kawasan tempat wisatanya sebagai salah satu tujuan destinsi bagi turis lokal maupun mancanegara.

Yang paling memprihatinkan adalah ternyata meningkatnya jumlah kunjungan wisatwan ke pulau wisata itu juga berdampak kepada kebersihaan area  pulau, terutama di sekitar bibir pantai yang saat ini semakin mudah ditemuinya sampah berserakan.  

Kondisi seperi itu juga mengundang perhatian dari salah satu wakil rakyar Kabuapten Berau, H Liliansyah, yang mengatakan sudah saatnya kini dipikirkan langkah-langkah bersama agar kemudian pulau Derawan tidak ditinggalkan wisatawan, karena kondisi pantainya yang lama kelamaan bisa saja semakin tercemar.

Apalagi beberapa waktu lalu menurutnya ia banyak mendengar keluhan dari wisatawan yang mengatakan kondisi pulau derawan saat ini banyak berubah dibanding beberapa tahun sebelumnya yang masih terjaga kebersihannya.

Ia khawatir ika situasi ini terus menerus dibiarkan akan mengancam potesi wisata di pulau tersebut, dan wisatawan bia saja memilih berlibur ke tempat lain yang lebih terjaga keasriannya.

Liliansyah juga menyadari bahwa tumpukan sampah yang berserakan di sisi pantai itu bukan hanya berasal dari sampah rumah tangga milik warga yang berdomisisli di pulau, namun juaga ada andil dari wisatawan yang membuang samapahnya di sembarang tempat.

Baca juga:

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help