• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 1 Agustus 2014
Tribunnews.com

Hadiah Panjat Pinang Habis Sebelum Lomba Dimulai

Senin, 18 Juni 2012 07:15 WIB
Hadiah Panjat Pinang Habis Sebelum Lomba Dimulai
Kompas
ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JEMBER-- Sebagian besar peserta lomba panjat pinang tidak sabar menunggu jadwal pelaksanaan permainan. Akibatnya, sebelum lomba permainan rakyat itu dimulai sebagian besar peserta dan warga langsung memanjat pohon pinang dan menjarah seluruh hadiah.

Akibat ulah warga itu, sebagian peserta yang sudah terdaftar dan tidak kebagian hadiah merasa sangat kecewa.

Lomba panjat pinang itu dijadwalkan berlangsung di Alun-alun Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (17/6/2012) pukul 14.00 WIB. Namun, dua jam sebelum pelaksanaan, ratusan orang menerobos pagar dan memanjat 200 pohon pinang. Dalam sekejap, berbagai hadiah yang mengelantung di atas 200 pohon pinang itu ludes. Setiap pohon pinang yang dilumuri oli itu berisi hadiah senilai Rp 1.750.000.

Kepala Kantor Pariwisata Jember Arif Tjahjono mengatakan, lomba permainan rakyat panjat pinang ini tidak gagal. "Acara ini sebenarnya sudah terlaksana, tapi tanpa diawali dengan seremonial. Apalagi tidak ada aturan baku mengenai tata cara pelaksanaan lomba seperti ini," kata Arif.

Arif menolak sebutan ada penjarahan karena yang datang dan memanjat pohon pinang adalah peserta juga. Bahkan, kata Arif, para pejabat yang berada di lokasi melihat jalannya lomba panjat pinang dengan antusias, termasuk Bupati Jember.

"Acara ini semata-mata kan untuk menghibur, tapi untuk mendapatkan hadiah mereka harus berjuang memanjat pohon lebih dulu," kata Arif.

Namun demikian, Arief mengakui banyak peserta resmi datang sesuai jadwal sehingga ketika sampai di lokasi hadiah sudah habis.

Lomba panjat pinang itu merupakan bagian berbagai kegiatan untuk promosi wisata, Bulan Berkunjung ke Jember. Selain itu, diadakan beragam kegiatan, antara lain Jember Fashion Carnival, Jember Carnival City, dan Advanture Trail Jember.

Advanture Trail Jember yang dilaksanakan bersamaan dengan lomba panjat pinang, diikuti 700 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Editor: Gusti Sawabi
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
636512 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas