Stok Darah PMI Kota Malang Tinggal 997 Kantong

Itu belum termasuk dari donor darah yang bekerjasama dengan Polresta ini. Kalau dari donor darah ini

TRIBUNNEWS.COM,MALANG - Persediaan darah yang ada di PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Malang, hingga saat ini tinggal 997 kantong. Padahal, kapasitas penyimpanan PMI Kota Malang adalah sebesar 2000 kantong. Artinya, persediaan yang ada tinggal setengah dari total kapasitas yang ada.

Jamhari, Ketua PMI Kota Malang, di sela-sela pelaksanaan donor darah yang digelar Polresta Malang di Alun-Alun Merdeka Kota Malang, siang ini (23/6/2012) menyebutkan, 997 kantong darah itu terdiri dari 253 kantong golongan O, 185 kantong golongan AB, 231 kantong golongan A, dan 328 kantong golongan B.

"Itu belum termasuk dari donor darah yang bekerjasama dengan Polresta ini. Kalau dari donor darah ini, kira-kira bisa terkumpul 150-an kantong darah," kata Jamhari, Sabtu (23/6/2012).

Sementara itu, untuk stok jelang puasa, PMI Kota Malang menargetkan akan bisa menghimpun 2000 kantong darah, tepat sehari sebelum dimulainya puasa Ramadhan.

Untuk mencapai target tersebut, PMI telah berkoordinasi dengan beberapa lembaga. Bahkan, untuk Juli depan, PMI sudah memiliki sejumlah agenda yang diharapkan bisa menghimpun kantong darah, setidaknya sebanyak 50 persen dari kapasitas total.

"Kalau untuk yang donor bulan ini, itu belum dipersiapkan buat bulan puasa. Biasanya seribu kantong itu cuma buat persediaan sepuluh hari," pungkasnya.

Penulis: Yoni Iskandar
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help