• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 2 Agustus 2014
Tribunnews.com

Mesin KRD Way Umpu Tidak Kuat Sampai Way Kanan

Rabu, 4 Juli 2012 00:16 WIB
Mesin KRD Way Umpu Tidak Kuat Sampai Way Kanan
ILUSTRASI

Laporan Wartawan Tribun Lampung, Ridwan Hardiansyah

TRIBUNNEWS.COM, BANDAR LAMPUNG - Setelah terkatung-katung beberapa bulan, operasional kereta rel diesel (KRD) Way Umpu dari Tanjungkarang, Bandar Lampung, menuju Blambangan Umpu, Way Kanan, akhirnya menemui kejelasan.

Sayangnya, alih-alih terealisasi, Pemprov Lampung malah membatalkan rute tersebut. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung Albar Hasan Tanjung mengungkapkan, pembatalan rute itu karena merujuk kekuatan mesinnya. KRD Way Umpu tidak mampu beroperasi sampai Way Kanan.

"Engine (mesin) keretanya tidak siap untuk ke Way Kanan. Kesimpulannya, tidak layak digunakan sampai Blambangan Umpu," ujar Albar, Selasa (3/7/2012).

Pemprov, menurut Albar, telah berupaya memberi berbagai solusi untuk mewujudkan rute Tanjungkarang-Blambangan Umpu. Namun, ketidakmampuan teknis tetap menjadi penyebab batalnya rute itu.

Dengan pembatalan rute tersebut, Albar menjelaskan, pemprov bakal menyampaikan laporan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Itu karena KRD tersebut merupakan hibah dari pemerintah pusat.

"Kami akan bertanggung jawab. Kami sudah membuat berita acara. Nanti disampaikan kepada kementerian," tutur Albar.

Meski rute sampai Way Kanan dibatalkan, Albar memastikan, pemerintah pusat tidak akan menarik kembali hibah KRD yang diberikan. KRD tetap akan digunakan untuk melayani rute lain. (*)

BACA JUGA

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribun Lampung
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
690701 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas