• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 31 Juli 2014
Tribunnews.com

Anak Autis Jangan Sekolah di Sekolah Khusus

Sabtu, 14 Juli 2012 10:26 WIB
Anak Autis Jangan Sekolah di Sekolah Khusus
Tribun Timur
seminar autisme

Laporan Wartawan Tribun Timur

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Seorang anak yang menderita autisme seharusnya tidak disekolahkan di sekolah khusus karena anak tersebut akan meniru perilaku teman-temannya di sekolah khusus tersebut.

"Anak autis itu harus bersekolah reguler karena dia akan meniru teman sebayanya di sekolah reguler. Kalau dibawa ke sekolah khusus dia akan meniru temannya. Ada anak di Jakarta, dia disekolahkan di sekolah khusus, di sana dia dapatkan teman yang kebetulan buta. Jadi dia meniru dan memejamkan terus matanya," kata Lisa R Sutadi SE saat membawakan materi pada Seminar Intervensi Dini Autisme dengan ABA & BIT di Hotel La Macca, Jl AP Pettarani, Makassar, Sabtu (14/7/2012).

Autisme adalah gangguan perkembangan nerobiologi yang berat yang terjadi pada anak sehingga menimbulkan masalah pada anak untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungannya.

"Dia seperti memiliki dunia sendiri, sehingga kita harus menarik dia untuk keluar dari dunianya," kata Lisa.

Penyandang autisme tidak dapat berhubungan dengan orang lain secara berarti, serta kemampuannya untuk berkomunikasi dan untuk mengerti apa yang dimaksud oleh orang lain. Tanda-tanda atau gejala pada autisme sudah tampak jelas sebelum anak berusia 3 tahun, dan kemudian akan tetap berlanjut sampai dewasa jika tidak dilakukan intervensi tepat.

Seminar Autisme ini digelar oleh dr Rudy Sutadi Foundation Ayo Bangkit Kalahkan Autisme, KIDABA Klinik Intervens Dini Appled Behavior Analysis, Awani Autism Aware House, Bosowa, Kalla Group, dan Tribun Timur sebagai salah satu media partner.

Klik Juga:

Editor: Johnson Simanjuntak
Sumber: Tribun Timur
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
723372 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas