• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribunnews.com

Persiapan Ramadan di Masjid Seribu Tiang

Sabtu, 14 Juli 2012 18:06 WIB
Persiapan Ramadan di Masjid Seribu Tiang
Kompasiana
Kegiatan di masjid seribu tiang, Jambi

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI - Beberapa hari ini, pengurus Masjid Al Falah Jambi tampak lebih sibuk dari biasanya. Mereka semakin sering menggelar pertemuan di dalam masjid yang memiliki arsitektur unik itu.  Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan. Pertemuan dihadiri Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar yang juga merupakan Ketua Umum Pengurus Masjid Al Falah.

Pada rapat yang dilaksanakan Jumat (13/7/2012) dibahas berbagai hal yang terkait dengan persiapan menyambut Ramadan dan sejumlah agenda dalam Bulan Ramadan.
 
Misalnya penyusunan jadwal dan undangan yang mengisi ceramah, imam sepanjang Ramadan.
Selain itu juga ditetapkan bahwa khusus untuk masjid Al Falah akan dilaksanakan tarawih 20 rakaat tidak termasuk salat witir.

Acara buka bersama akan dilaksanakan setiap sore, panitia sengaja menyediakan menu berbuka gratis bagi siapa saja yang datang ke Masjid Al Falah. Agenda tadarusan di dalam masjid juga akan melibatkan sejumlah qori dan qoriah yang akan memandu mereka yang bertadarus di sana.

Pembahasan rapat juga mencakup masalah ibadah khusus pada malam ganjil sepuluh terakhir di Bulan Ramadan. Pada malam ganjil itu akan dilakukan qimullail-salat tahajud-berjamaah, yakni bertepatan dengan malam 21, 23, 25, 27, dan 29 Ramadan.

Ibadah di malam ganjil sepuluh yang terakhir di Bulan Ramadan sengaja dilakukan untuk berjuang mendapatkan malam kemuliaan yang sering disebut dengan malam lailatul qadar. "Kita sudah menyusun semua agenda ini dan akan kita laksanakan pada Ramadan ini," kata Ketua Masjid Al Falah Fachrori Umar.

Sedang untuk persiapan fisik masjid terkait renovasi, belum akan dilakukan pada tahun ini, karena hal tersebut sudah dirancang untuk 2013 mendatang. "Renovasinya belum sekarang, kita sudah bicara dengan Gubernur akan merenovasi pada 2013," ujar Fachrori.

Rencana pengembangan masjid akan dilakukan pada 2013, di antaranya akan di tambah bangunan menara, dan renovasi tiang. Meski demikian renovasi yang akan dilakukan nanti tidak akan mengubah struktur dasar tiang.

Sebagai Wakil Gubernur, Fachrori mengimbau kepada seluruh masyarakat Jambi khususnya yang beragama Islam untuk meramaikan masjid sepanjang Bulan Ramadan.

Untuk jamaah masjid Al Falah, Wagub meminta warga agar turut serta membantu melaksanakan agenda yang sudah disiapkan panitia, sehingga semuanya bisa berjalan dengan sukses. (Tribun Jambi/Kumaini)

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jambi
0 KOMENTAR
724421 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas