• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 20 September 2014
Tribunnews.com

Hanya 55 Industri Rumah Tangga yang Dapat Pelatihan

Rabu, 18 Juli 2012 22:42 WIB
Hanya 55 Industri Rumah Tangga yang Dapat Pelatihan
TRIBUN JABAR
Salah satu bentuk kegiatan industri sepatu di Cibaduyut, Bandung

TRIBUNNEWS.COM SOREANG  - Hanya 55 Industri Rumah Tangga yang Dapat Pelatihan
TAHUN ini, hanya 55 industri rumah tangga yang mendapatkan pelatihan dari Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bandung. Dari jumlah itu 25 unit mendapatkan label produksi industri rumah tangga (PIRT) dan 30 unit mendapat labelisasi halal

Kabid Pengembangan UMKM Diskoperindag Kabupaten Bandung, Pujo Semedi mengatakan, pihaknya hanya lakukan pelatihan sesuai anggaran yang dialokasikan dari APBD. Tahun ini hanya sekitar Rp 99 juta.

"Tahun lalu yang dilatih atau mendapat PIRT dan labelisasi halal sebanyak 75 industri. Sekarang menurun, karena anggarannya juga turun. Padahal permintaan dari industri cukup banyak, dan mereka harus mengantre tahun depan. Saya akan ajukan lagi yang lebih besar untuk tahun depan," katanya pada Sosialisasi Labelisasi Halal, di Wisma Palapa, Soreang, Selasa (17/7/2012).

Ia menambahkan, saat ini ada 7.218 UKM. Sebanyak 60 persen didominasi produk makanan. Namun, baru 220 unit yang mendapat label PIRT dan sertifikasi halal. Padahal setiap tahun banyak industri rumah tangga mengajukan labelisasi kepada Diskoperindag. "Syaratnya ya produknya harus bagus dan dikemas. Apalagi kalau mau dipasarkan ke minimarket atau supermarket. Semua label dan sertifikasi halal, gratis dari kami. Kalau yang belum, silakan mendaftar. Pertumbuhan UKM di Kabupaten Bandung 20 persen setiap tahun," katanya.(guy)

Berita Terkait :

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Jabar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
737892 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas