Jumat, 29 Mei 2015
Tribunnews.com

Hujan Turun, Debit Bah Bolon Siantar Naik

Rabu, 18 Juli 2012 20:39 WIB

Hujan Turun, Debit Bah Bolon Siantar Naik
Tribun Medan/ Adol Frian Rumaijuk
Warga Kota Pematangsiantar yang bermukim di pinggiran sungai Bah Bolon, nampaknya harus mencari tempat tinggal lain. Pasalnya, debit sungai selalu mengancam saat turun hujan.

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Adol Frian Rumaijuk

TRIBUNNEWS.COM  PEMATANGSIANTAR - Warga Kota Pematangsiantar yang bermukim di pinggiran sungai Bah Bolon, nampaknya harus mencari tempat tinggal lain. Pasalnya, debit sungai selalu mengancam saat turun hujan.

Seperti pantauan www.tribun-medan.com satu minggu terakhir, jika hujan mengguyur kota ini akan berpengeruh signifikan terhadap peningkatan debit air sungai. Pasca banjir minggu lalu, tumpukan sampah dan tumbangnya beberapa pohon dan bambu masih menghalangi aliran sungai.

Kondisi ini diperparah lemahnya penanggulangan yang dilakukan instansi terkait pascabanjir. Sehingga, kondisi sungai nampaknya akan dibiarkan sesuai kehendak alam. Tanpa memberikan sentuhan agar banjir kemudian tidak menimbulkan korban.

Juga dilihat mulai dari sisi hulu diwilyah kota Pematangsiantar pascabanjir, belum ada langkah tindakan signifikan yang menyentuh aliran sungai. Apakah itu pembenahan saluran atau mengangkut timbunan sampah dan sebagainya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah hingga, Rabu (18/7/2012) masih mendirikan tenda darurat dan nampaknya hanya menunggu turunnya hujan dan musim akan berubah menjadi musim kemarus. Saat dinyatakan musim kemarau, maka warga yang tinggal ditenda pengungsian baru akan diperbolehkan kembali ke rumah masing-masing.

Halaman12
Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Medan
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas