• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribunnews.com

Pegadaian di Jambi Dibanjiri Nasabah

Kamis, 19 Juli 2012 10:30 WIB

Pegadaian di Jambi Dibanjiri Nasabah
Ist
Ilustradi Pegadaian

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Muzakkir & Hendri Dede Putra

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI – Transaksi gadai di sejumlah kantor Pegadaian menggeliat. Kebutuhan tahun ajaran baru lalu dan jelang puasa jadi penyokong meningkatnya transaksi di BUMN berslogan Mengatasi Masalah Tanpa Masalah ini.

Grafik jumlah transaksi yang naik itu bukan hanya terjadi di Pegadaian konvensional. Pegadaian syariah turut pula memanen nasabah.

Di Pegadaian Syariah Jelutung, misalnya. Pengakuan Kepala Cabang Pegadaian Syariah Jelutung, Iing Imelda Oktaviani, transaksi gadai di tempatnya terkatrol hingga 70 persen.

"Ini dimulai dari dua minggu terakhir yang mencapai 70 persen dari bulan-bulan sebelumnya. Sejak tahun ajaran baru sampai sekarang peminjam naik drastis. Tapi yang lebih banyak yang minjam itu beberapa hari terakhir ini," ujar Iing kepada Tribun Jambi (Tribun Network), Rabu (18/7/2012).

Tercatat, biasanya hanya sekira 30 orang nasabah per hari. Namun kini, mencapai 70 nasabah yang dilayani Pegadaian Syariah Jelutung. "Rata-rata orang yang gadai di sini adalah perhiasan emas dan berlian," ucapnya.

Iing membenarkan, nasabahnya dominan menggadaikan barang guna menambah modal usaha untuk keperluan dagang pada puasa nanti.

Peningkatan transaksi dituturkan pula oleh Manager Pegadaian Cabang Sipin, Sutrasno. Sutrasno mengaku peningkatan terjadi beberapa hari terakhir menjelang puasa.

"Kalau hari biasa yang pinjam di sini kurang dari 100 orang, tapi beberapa hari ini mencapai 150 orang," kata Sutrasno.

Di Pegadaian Cabang Gatot Subroto kenaikannya mencapai 15 persen. Selain untuk modal usaha, naiknya kebutuhan jelang Lebaran juga jadi pemicunya. Demikian dikatakan karyawan Pegadaian Suzana, mewakili Pimpinan Cabang Pegadaian Jambi, Syahram Al Maududi.

Disinggung mengenai dana yang disiapkan Pegadaian untuk mengimbangi lonjakan transaksi, Syahram mengatakan hal itu tergantung permintaan pasar. "Kita tidak harus memastikan sekian besarnya, tapi yang jelas dalam sebulan berkisar Rp 12 miliar," katanya.

Pada 2011 lalu Pegadaian Cabang Jambi di Jalan Gatot Subroto mengucurkan dana sekitar Rp 120 miliar. Tahun ini ia memperkirakan akan melampauinya hingga angka Rp 138 miliar.

"Tiap bulan itu sekitar Rp 10 miliar, sehingga setahun bisa Rp 120 miliar," katanya seraya mengatakan ada 11 kantor unit Pegadaian di Jambi.

Baca Juga:


Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jambi
0 KOMENTAR
738801 articles 0 0
Default
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas