• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 30 Oktober 2014
Tribunnews.com

Anggaran Pilgab di Jabar Rp 1,047 Triliun

Minggu, 22 Juli 2012 15:18 WIB
Anggaran Pilgab di Jabar Rp 1,047 Triliun
Tribun Jakarta/JEPRIMA

TRIBUNNNEWS.COM, BANDUNG - Total anggaran  pemilukada gabungan (pilgab) Jawa Barat diketahui mencapai Rp 1,047 triliun. Untuk KPU Jabar dananya mencapai Rp 759,9 miliar, Panwaslu Rp 151 miliar, pengamanan oleh Polda Jabar Rp 85,6 miliar, pengamanan oleh Polda Metro Jaya Rp 30,4 miliar, pengamanan oleh Kodam III/Siliwangi Rp 19 miliar dan pengamanan oleh Kodam Jaya Rp 1,4 miliar.

"Jadi total keseluruhan untuk penyelenggaraan pemilukada gabungan ini mencapai Rp 1,047 triliun," ujar Gubernur Jabar Ahmad Heryawan pekan lalu.

Menurut Heryawan, jangan kaget jika biaya pilgab sangat besar. Sebab Jabar merupakan provinsi besar dengan jumlah penduduk dan pemilih terbanyak.

"Tentu anggarannya lebih besar karena jumlah PPK-nya lebih besar, PPS lebih banyak, TPS juga banyak," kata Heryawan.

Dikatakan Heryawan, anggaran sebesar 1,047 triliun itu hanya untuk kebutuhan pilgab selama satu putaran. Jika pemilukada harus dilaksanakan dua putaran, akan ada mekanisme yang diatur kemudian terkait pembiayaannya.

"Nanti diatur di anggaran 2013. Tapi putaran dua pasti anggarannya lebih kecil dari putaran satu. Insya Allah bisa kita antisipasi kalau pemilukada terjadi dua putaran," ujarnya.

Pemilukada gabungan di Jabar akan digelar 24 Februari 2013. Selain pemilihan gubernur juga akan digelar secara berbarenga Pemilukada  Kabupaten Sumedang, Kota Cirebon, dan Kota Sukabumi.

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jabar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas