• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 17 April 2014
Tribunnews.com

Sriwijaya Air Buka Rute Malang-Ujung Pandang

Senin, 6 Agustus 2012 16:09 WIB
Sriwijaya Air Buka Rute Malang-Ujung Pandang
(Tribunnews/Hendra Gunawan)
Sriwijaya Air

TRIBUNNEWS.COM,MALANG-Maskapai penerbangan Sriwijaya Air (SA) melirik rute baru Malang - Ujung Pandang, apalagi sejak tahun 2005 menerbangi rute Malang-Jakarta.

Untuk itu SA sudah mengajukan surat penambahan rute baru dari Malang-Ujung Pandang. Dishubkominfo Kabupaten Malang menerima  pengajuan rencana penambahan penerbangan baru dari SA.  

“Rencananya SA akan menerbangi rute baru itu pada 13 Agustus nanti. Tapi masih menunggu izin dari Lanud Abd Saleh,” jelas Bambang Kartika, Kabid Teknik Keselamatan Transportasi Dishubkominfo Kabupaten Malang, Senin (6/8/2012).

Terpisah, M Yusri, Manajer Distrik Sriwijaya Air Malang membenarkan rencana rute baru itu.

“Izin dari Direktorat Perhubungan Udara sudah keluar. Tapi kita masih harus menunggu izin dari Lanud Abd Saleh. Suratnya baru kita kirim tanggal 3 Agustus lalu,” terang Yusri.

Ia optimistis izin itu keluar karena masih dalam koridor operating hour bandara yang sampai pukul 17.00 WIB. Jika rencana ini lancar, SA rute malang-Ujung Pandang ini akan dioperasionalkan mulai 13 Agustus nanti.

Untuk itu, SA akan menggunakan pesawat generasi baru yaitu Boeing 737-500 yang bisa mengangkut 120 penumpang. Direncanakan, flight baru ini akan terbang
dari Malang pada pukul 13.35 WIB. Namun pesawat dari Ujung Pandang sampai di Malang pada pukul 12.25 WIB.

Menurut Yusri, dengan rute baru ini, pihaknya ingin mengoptimalkan peluang pasar di Indonesia timur.

“Sebab nanti ada hub-hub yang bisa dikoneksi dari rute ini,” ceritanya.

Ia mencontohkan dengan rute ini bisa mencapai rute Malang-Balikpapan, Malang-Luwuk, Malang-Kendari, Malang-Jayapura.

Dasar menggarap pasar Indoensia timur karena berdasarkan data dari penerbangan Surabaya, konsumen dari Malang Raya cukup banyak.

“Daripada terbang dari Surabaya, kan lebih baik dari Malang karena menghemat waktu,” tuturnya. Meski dari rute Malang-Ujung Pandang nanti bisa koneksi ke berbagai jurusan, ia menjamin harga tiketnya masuk kategori tiket langsung sehingga harganya relatif murah.

“Tapi kepastiannya harga tiketnya masih kita kreasi. Mungkin harga terendahnya bisa mencapai Rp 490.000. Sejauh ini, rute ini belum berani kita tawarkan ke calon penumpang karena masih menunggu izin dari Lanud Abd Saleh,” paparnya.

Dengan rencana tambahan ini, SA tetap memiliki tiga flight dari Malang yaitu rute Malang-Jakarta sebanyak dua flight dan ditambah satu flight untuk rute baru ini. Selain itu, dari bandara Malang ada Garuda Indonesia yang juga menerbangi rute Malang-Jakarta serta Batavia Air dan Wings Air dengan rute Malang-Denpasar.

Penulis: Yoni Iskandar
Sumber: Surya
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
801011 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas