• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 29 Agustus 2014
Tribunnews.com

Video Polantas Terima 'Uang Damai', Kasatlantas Cuek

Selasa, 7 Agustus 2012 10:58 WIB
Video Polantas Terima 'Uang Damai', Kasatlantas Cuek
net
ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Hari Santoso tidak terlalu ambil pusing dengan beredarnya video pria berseragam polisi Satuan Lalu Lintas (Satlantas) di YouTube dan media sosial.

Dalam video berdurasi sekitar 1 menit 15 detik itu terlihat seorang polantas lengkap dengan helmnya sedang memberhentikan sebuah mobil Honda Jazz putih di salah satu jalan di Kota Bandung.

Setelah beberapa saat berbincang, polisi tersebut terlihat mengangkat kaki kanan seperti hendak mengeluarkan surat tilang dari sepatu bootnya.

Memasuki detik ke-54 di video itu, pengemudi tampak mengeluarkan beberapa lembar uang. Sejurus kemudian, pria berseragam polisi itu tampak tersipu. Tepat di detik ke-65 transaksi penukaran uang "damai" dengan surat-surat kendaraan pun berlangsung.

Menyikapi tayangan tersebut, Kasatlantas menduga, ada pihak-pihak yang hendak menjelek-jelekkan atau menjatuhkan institusi kepolisan, khususnya kesatuan yang dipimpinnya saat ini.
"Di video itu banyak yang tidak jelasnya. Lokasi, terus seragam yang dikenakan pria itu. Bisa jadi, pria berseragam tersebut sudah merencanakannya dengan si pengendara," kata Hari saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (6/8/2012).

Kasatlantas makin ragu karena di sekitar objek rekaman tidak ada identitas yang khas menunjukkan atau mewakili Kota Bandung.

Ketidakjelasan itu bisa terlihat, salah satunya dari lokasi dan nama hotel yang terekam di video itu. Hari menyebut, bisa jadi lokasi dalam video tersebut di luar wilayah Bandung.

Namun, lokasi tempat gambar diklaim perekam dan admin grup facebook Netizen Photo PRFM berlokasi di depan Kantor Pos Bandung, Jalan Asia Afrika.

Pertama kali video tersebut diposting salah seorang facebooker di grup Netizen Photo PRFM. Pemilik akun facebook menyebarkan video di grup tersebut pada 4 Agustus 2012.

Meski begitu, Hari tetap akan melakukan penyelidikan mengenai sosok pria berseragam polisi itu, yang wajahnya tak jelas lantaran memakai helm. Lebih dari itu, jika terbukti anggota Polrestabes Bandung, tentu akan ada tindakan tegas sesuai dengan aturan berlaku.

Seperti halnya sanksi yang pernah dilakukan terhadap salah seorang anggota Satlantas Polrestabes Bandung beberapa waktu lalu yang menerima uang damai dan videonya pernah beredar di YouTube.

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jabar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
803602 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • budi santoso-Selasa, 7 Agustus 2012 Laporkan
    dimana pun tingkah pola
    polri sama aja preman yg
    berseragam n berlindung pd
    undang-undang negara. 1
    guru 1 ilmu polri itu wereng.
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas