• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 30 Oktober 2014
Tribunnews.com

Batalyon Yonif Linud 431 Kostrad Tiba di Makassar

Rabu, 8 Agustus 2012 13:45 WIB
Batalyon Yonif Linud 431 Kostrad Tiba di Makassar
IST
Pasukan Kostrad dari Batalyon Yonif Linud 431 tiba di Pelabuhan Soekano-Hatta Makassar, Sulsel, Senin (6/8/2012).

TRIBUNNEWS.COM - Pasukan Kostrad dari Batalyon Yonif Linud 431 tiba di Pelabuhan Soekano-Hatta Makassar, Sulsel, Senin (6/8/2012). Sebanyak 649 personil pasukan Kostrad 431 tiba di Makassar setelah bertugas selama enam bulan di perbatan RI-Papua Nugini. Demikian rilis yang dikirim ke redaksi Tribunnews.com, Selasa (7/8/2012).

Mereka bertugas sejak tujuh bulan lalu. Dari 650 personel yang diutus, satu di antaranya meninggal karena sakit. Komandan Satgas Yonif 431, Letkol Inf Indarto Kusnohadi mengatakan "Kita melakukan berbagai kegiatan pembangunan jiwa berkebangsaan untuk para warga di wilayah perbatasan. Seperti, ikut memberi pelajaran di sekolah-sekolah, membantu mengajarkan cara beternak dan bercocok tanam untuk para masyarakat di sana,"

Danyon menjelaskan, kondisi di Papua cukup kondusif. Meskipun, selama di sana, mereka banyak menggagalkan berbagai tindak penyelundupan dari PNG ke Indonesia. "Kebanyakan yang diselundupkan itu barang narkotika, khususnya ganja,".Para personel Yonif 431 melakukan pengamanan sektor paling utara, di wilayah perbatasan sepanjang 180 kilometer," Di wilayah tersebut, perang yang kebanyakan terjadi adalah perang suku. "Kita juga sempat kontak senjata dengan anggota separatis Papua Merdeka. Namun, tidak banyak,"

Panglima Divisi I Kostrad, Mayjen TNI Daniel Ambat, yang menjadi inspektur upacara penyambutan berharap, para pasukan yang telah kembali, memanfaatkan waktu luangnya untuk bisa bertemu keluarga. Dia juga melarang para prajurit untuk mengunjungi tempat-tempat hiburan malam, dan tidak minum minuman keras.

REGIONAL POPULER

Editor: Widiyabuana Slay
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas