• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 30 Juli 2014
Tribunnews.com

Warga Sedot Air Bendungan Saguling

Jumat, 10 Agustus 2012 11:47 WIB
Warga Sedot Air Bendungan Saguling
ugm.ac.id
Ilustrasi pompa air saat kekeringan

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Zezen Zaenal

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG -- Sejumlah daerah di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB), terancam bencana kekeringan. Dari 16 kecamatan yang ada di KBB, beberapa daerah seperti Kecamatan Saguling, Cipongkor, Rongga, Gununghalu dan Kecamatan Cihampelas menjadi daerah yang saat ini kekeringannya termasuk cukup parah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat, Maman Sulaiman, mengatakan berdasarkan laporan yang diterimanya, wilayah Kecamatan Saguling menjadi salah satu wilayah yang kekeringannya termasuk dalam tahap mengkhawatirkan.

Masyarakat di beberapa desa di Kecamatan Saguling, kata dia, sebagian sudah melakukan penyedotan air dari waduk untuk kebutuhan lahan pertanian warga. Hal itu dilakukan, karena sejumah sumber air seperti saluran irigasi dan sumur-sumur wrga sudah kering dan rata-rata debit airnya menyusut tajam akibat musim kemarau.

"Warga di Saguling sudah kesulitan air terutama untuk lahan pertanian mereka," kata Maman saat ditemui di sela-sela sosialisasi kesiapsiagaan dan penanganan bencana alam di Padalarang, Kamis (9/8/2012).

Dikatakannya, dalam beberapa pekan terakhir, suplai dan pasokan air untuk lahan pertanian warga terutama untuk lahan persawahan turun drastis akibat musim kemarau berkepanjangan. Bahkan menurutnya, banyak lahan pertanian yang terancam gagal panen atau puso.

Upaya warga yang melakukan penyedotan air dari waduk Saguling, cukup membantu warga untuk mengairi lahan pertanian. Namun ia berharap ke depannya ada komunikasi yang lebih intensif antara masyarakat dengan pihak pengelola waduk agar aktifitas penyedotan air yang dilakukan warga itu tidak mengganggu operasional PLTA yang mengandalkan pasokan air dari waduk.

Selain di wilayah Saguling, lanjut Maman, sejumlah wilayah lainnya terutama di wilayah selatan sseperti wilayah kecamatan Cihampelas, Cililin, Rongga, Gununghalu, Cipongkor dan Sindangkerta sebagian wilayahnya juga mulai mengalami krisis pasokan air untuk lahan pertanian.

"Kalau di wilayah barat, Kecamatan Cikalong Wetan dan Cipatat juga mulai terancam. Pasokan airnya tiap hari semakin berkurang. Kalau di wilayah lainnya masih normal. Dalam waktu dekat akan turun ke lapangan untuk melihat secara langsung kondisi kekeringan lahan pertanian warga sekaligus untuk melakukan pemetaan sebelum mengambil langkah- langkah antisipasi bersama sejumlah SKPD lainnya. BPBD memang sebagai koordinator SKPD. Tapi yang lebih mengetahui data pastinya adalah dinas terkait seperti dinas pengairan dan dinas pertanian," jelasnya.

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jabar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
817832 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas