Rabu, 29 Juli 2015
Tribunnews.com

Dermaga Sungai Jepun Layani Pemudik ke Sebatik dan Tarakan

Kamis, 16 Agustus 2012 16:09 WIB

Dermaga Sungai Jepun Layani Pemudik ke Sebatik dan Tarakan
DOK
Ilustras dermaga

 
Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Niko Ruru

TRIBUNNEWS.COM NUNUKAN,- Mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang dan sesudah Idul Fitri 1433 Hijriah, pihak pengelola Pelabuhan Penyeberangan Sungai Jepun, Nunukan Selatan menyiapkan sejumlah armada. Pelabuhan ini melayani penumpang yang mudik untuk tujuan Pulau Sebatik dan Pulau Tarakan.

Untuk tujuan Pulau Sebatik dan sebaliknya disiapkan 16 armada rakyat, sementara untuk tujuan Pulau Tarakan disiapkan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Manta. Rencananya Jumat besok, KMP Manta siap beroperasi kembali melayani penumpang, setelah sempat di dok di Balikpapan.
Armada rakyat tujuan Mantikas, Pulau Sebatik berangkat dari pagi hingga sore setiap harinya. Sementara KMP Manta berangkat besok malam pada pukul 19.00.

Koordinator Lapangan Pelabuhan Penyeberangan Sungai Jepun Andi Muliama menjelaskan, selama ini pihaknya senantiasa melakukan pemantauan terhadap kepadatan jumlah penumpang mudik Lebaran melalui dermaga dimaksud.

“Jadi selama ini kita melakukan pemantauan, kemudian melakukan rekap tentang produktivitas pelabuhan di sini, masih normal-normal aja. Bahkan kita beranggapan 16 kelotok ini sudah mencukupi untuk Sungai Jepun ke Mantikas, Sebatik. Kemudian untuk ke Tarakan dengan KMP Manta,” ujarnya.

Ia memperkirakan, Jumat besok merupakan puncak arus mudik sampai dengan H-1 menjelang Idul Fitri.

Untuk mengamankan penumpang mudik yang membawa barang dalam jumlah banyak, akan diturunkan petugas dari Polsek Nunukan Selatan. Pihaknya senantiasa berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan POM TNI AL untuk melakukan pengawasan dan pengamanan. Bahkan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Nunukan menambah personil sehingga ada 17 orang dari instansi tersebut yang bertugas di Pelabuhan Penyeberangan Sungai Jepun. Pihaknya terus berupaya memastikan keselamatan pelayaran untuk menghindari terjadinya kecelakaan selama melayani penumpang mudik maupun balik.

Halaman123
Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas