Minggu, 21 Desember 2014
Tribunnews.com

Dicopot, Kapolres Kediri Legowo

Selasa, 28 Agustus 2012 12:04 WIB

Dicopot, Kapolres Kediri Legowo
surya/Cornelius Vrian
Kapolres Kediri, AKBP RH Kasero Manggolo

TRIBUNNEWS.COM,KEDIRI- Kapolres Kediri, AKBP RH Kasero Manggolo mengaku legowo menyusul keputusan sidang kode etik Polda Jatim yang akan mencopot jabatannya menyusul peristiwa salah tangkap anggota satnarkoba pada Minggu (19/8/2012) lalu.

Kasero menganggap keputusan tersebut merupakan resiko yang harus ditanggungnya sebagai seorang pimpinan.

"Sebagai prajurit, saya selalu menaati keputusan pimpinan. Sebagai pemimpin di daerah, saya harus siap menerima resiko dari tindakan yang dilakukan anggota. Jadi saya legowo dan menerima keputusan sidang etik itu," tandasnya saat ditemui Surya (tribunnews group), Selasa (28/8/2012) siang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kapolres Kediri beserta sejumlah perwira seperti Kasatnarkoba, AKP Totok Budi Hartono dan delapan bintara dijatuhi sanksi dalam sidang kode etik Bidpropam Polda Jatim akibat kasus salah tangkap terhadap Mintoro (32) warga Desa Selosari Kecamatan Kandat.

Dalam surat keputusan Komisi Kode Etik Polri no II/VIII/2012 tertanggal 27 Agustus 2012, Kapolres Kediri direkomendasi untuk dimutasi dari jabatannya.

Meski menerima dengan legowo keputusan sidang kode etik, namun Kapolres kembali menegaskan bahwa penangkapan yang dilakukan anggotanya sudah sesuai prosedur.

Salah sasaran yang terjadi, kata Kapolres, tidak disengaja dan terjadi akibat kelalaian anggotanya menanyakan identitas korban dan ulah seorang tersangka yang memberikan informasi keliru pada petugas.

Selain itu, masalah tersebut juga sudah tuntas karena pihak korban telah mencabut tuntutan ganti rugi.

Kapolres juga kembali meminta maaf pada masyarakat atas peristiwa itu. Dia berharap, peristiwa itu menjadi awal bagi hubungan yang lebih baik antara polisi dan masyarakat.

"Masyarakat jangan takut pada polisi karena masyarakat adalah mitra kami," imbuh Kapolres.

Penulis: Yoni Iskandar
Sumber: Surya

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas