• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Tribunnews.com

DPRA Minta Kuota Haji Aceh Ditambah

Jumat, 14 September 2012 14:35 WIB
DPRA Minta Kuota Haji Aceh Ditambah
SERAMBI Banda Aceh/BUDI FATRIA
Petugas membantu para Jamaah Calon Haji (JCH) kloter pertama saat menaiki Bus di Asrama Haji, Banda Aceh, Minggu (2/10/2011). JCH kloter pertama ini diberangkatkan menggunkan pesawat Garuda Air Bus A300 di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blangbintang, Aceh Besar. (SERAMBI/BUDI FATRIA)

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) meminta Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh menyurati Kementerian Agama, agar kuota haji Aceh ditambah.

"Menurut data BPS, jumlah penduduk Aceh akhir 2011 lalu mencapai 4.597.310 orang. Kalau setiap provinsi diberi jatah kuota hajinya per seribu dari total jumlah penduduk, maka kuota haji 2012 yang harus diberikan Kementerian Agama untuk Aceh sebanyak 4.597 orang, bukan 3.960 orang,” ujar Wakil Ketua II DPRA, Drs H Sulaiman Abda dalam rapat dengar pendapat dengan Tim Penyelenggara Perjalanan Haji Aceh di ruang rapat pimpinan DPRA, Kamis (13/9/2012).

Sulaiman Abda dan Ketua Komisi A DPRA, Tgk Adnan Beuransyah, mengatakan, kuota haji yang diberikan pusat untuk Aceh tahun ini belum memenuhi kebutuhan per seribu jumlah penduduk Aceh. "Ini artinya, jatah kuota haji Aceh masih kurang 637 orang lagi," ujarnya.

Terkait hal itu, Kakanwil Kemenag Aceh, Ibnu Sa’dan menjelaskan, sampai kemarin belum ada tambahan kuota baru untuk Aceh.

"Tahun lalu, Aceh diberi tambahan 1.000 orang, tapi tahun ini, karena Kerajaan Arab Saudi belum memberikan tambahan kuota dan visa untuk pemerintah Indonesia, maka pusat belum memberikan tambahan kuota haji untuk provinsi Aceh," ujarnya.

Jumlah calon haji Aceh menurutnya sebanyak 3.960 orang, yang dibagi dalam 13 kelompok terbang. Kloter pertama dari Banda Aceh terbang pada 21 September 2012 mendatang.

Dalam kesempatan itu, Ibnu Sa’dan, juga menjelaskan tentang persiapan haji Aceh. Ia menyebutkan, kuota haji Aceh pada musim haji 2012 yang diberikan Kemenag sebanyak 3.924 orang plus 36 Tim Penyelenggara Haji Daerah (TPHD), dan para medis yang akan mendampingi calon jamaah haji Aceh ke Mekkah, sehingga total menjadi 3.960 orang.

"Dari 3.924 orang yang terdaftar tersebut, yang telah melunasi ONH dan siap terbang ke Jeddah sebanyak 3.894 orang. Dari jumlah itu, yang visanya telah keluar dari Kerajaan Arab Saudi sementara ini baru 3.682 orang, sisanya menyusul dalam minggu ini,” ujarnya.(her)

Baca Juga:


Editor: Dewi Agustina
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
930682 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas