• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 30 September 2014
Tribunnews.com

Partisipasi Politik Warga Terpencil Krayan Tertinggi

Jumat, 14 September 2012 16:05 WIB

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Niko Ruru

TRIBUNNEWS.COM, NUNUKAN - Dibandingkan dengan warga di 13 kecamatan lainnya di Kabupaten Nunukan, warga Kecamatan Krayan dan Kecamatan Krayan Selatan justru memiliki partisipasi politik yang tinggi saat pelaksanaan pemilihan umum. Padahal kedua kecamatan tersebut berada di kawasan pedalaman terpencil yang masih terisolir. Kedua wilayah itu hanya bisa diakses dengan angkutan udara dari ibu kota Nunukan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nunukan, Muhammad Sain mengatakan, dari data yang dimiliki KPU Nunukan, setiap pemilu warga di kedua kecamatan ini sangat aktif mendatangi tempat pemungutan suara (TPS).

"Partisipasi politiknya yah itu. Ketika mereka datang ke TPS itu, hampir 90 persen dari daftar pemilih tetap (DPT). Daftar pemilih yang didaftarkan sebagai pemilih, yang berpartisipasi aktif hampir 90 persen," ujarnya.

Sejumlah persoalan memang masih menjadi kendala sebagai penyebab belum maksimalnya partisipasi pemilih di beberapa kecamatan di Kabupaten Nunukan. Sain mencontohkan, di Pulau Sebatik persoalan yang dihadapi yakni mobilitas masyarakat setempat yang mencari pekerjaan di Malaysia sebagai pekerja musiman. Saat dilakukan pendataan calon pemilih, pihaknya justru menjadi kewalahan.

"Padahal kita selalu berharap, jangan sampai ada satupun warga Indonesia terutama masyarakat Kabupaten Nunukan yang tidak terdaftar sebagai pemilih," ujarnya.

Baca Juga:


Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Kaltim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
931082 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas