• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 20 Agustus 2014
Tribunnews.com

Buku Penjaskes Bernuansa Pornografi Sebaiknya Ditarik

Senin, 17 September 2012 20:01 WIB

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Rafan A Dwinanto

TRIBUNNEWS.COM, SAMARINDA - Dewan Pendidikan Kaltim (DPK) menyarankan agar buku Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (penjaskes) yang beredar di SD 022 Samarinda Seberang, ditarik dan tidak digunakan lagi.

Demikian dikemukakan Ketua DPK Bochari Yusuf, Senin (17/9/2012). Diketahui, di SD 022 terdapat buku Penjaskes yang bermuatan soal-soal mengenai organ-organ vital manusia. Buku tersebut sempat digunakan oleh murid kelas V SD. Alhasil, para orangtua murid sempat mengungkapkan keberatan lantaran menilai buku tersebut berbau vulgar.

"Sebaiknya ditarik saja, tidak usah digunakan lagi daripada jadi kontroversi. Toh, masih banyak buku Penjaskes lainnya," kata Bochari.

Bochari menilai, sejatinya buku tersebut bisa saja dipandang sebagai buku pendidikan seks usia dini.

"Tergantung kita memandangnya. Buku itu bisa saja untuk pendidikan seks usia dini. Tapi mungkin budaya di masyarakat kita belum bisa menerima itu. Jadi sebaiknya biar tidak jadi kontroversi ditarik saja," sarannya.

Secara administrasi, buku tersebut layak edar. Lantaran, buku tersebut merupakan terbitan BSE (Buku Sekolah Elektronik) yang telah lolos seleksi oleh Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).

Pihak sekolah, kata Bochari, tidak dapat disalahkan dengan beredarnya buku tersebut. "Dalam kasus ini pihak sekolah jug a tidak bisa disalahkan, karena mereka mengadakan buku yang sudah lolos seleksi dari Kemendiknas. Jadi secara administrasi sekolah juga tidak salah," katanya.

Baca Juga:

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Kaltim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
940752 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas