Pariwisata Banyuwangi, Raih Tourism Award 2012

Akhir tahun ini kami targetkan tuntas, sehingga wisatawan bisa semakin nyaman

Pariwisata Banyuwangi, Raih Tourism Award 2012
IST
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menerima Tourism Award 2012

TRIBUNNEWS.COM,BANYUWANGI- Kabupaten Banyuwangi kian diperhitungkan di kancah nasional. Kali ini, Pariwisata kabupaten yang bertajuk The Sunrise of Java ini mendapatkan penghargaan Travel Club Tourism Award (TCTA) 2012, sebagai kota/kabupaten, yang memiliki komitmen tinggi dalam mewujudkan tata kelola pengembangan kepariwisataan yang bermutu.

Lebih tepatnya Banyuwangi mendapat penghargaan The Most Improved, kabupaten yang konsisten mengembangkan sektor pariwisata.

Penghargaan itu diserahkan Deputi Menko Perekonomian Edy Putra Irawadi dan Dirjen Pengembangan Destinasi Kemenparekraf Firmansyah Rahim kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Auditorium TVRI, Jakarta, Senin malam (24/9/2012).

Ajang bergensi ini digelar Travel Club bekerja sama dengan Kemenko Perekonomian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kepada para awak media saat ramah tamah, Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan,Banyuwangi melakukan tiga konsolidasi untuk memperkuat pembangunan kepariwisatan. Pertama, perbaikan infrastruktur untuk akses menuju destinasi wisata unggulan seperti Kawah Ijen dan Pantai Plengkung.

Khusus untuk Plengkung, perbaikan infrastruktur itu akan membuat wisatawan mancanegara tak lagi menuju pantai dengan ombak terindah tersebut dari Bali.

"Akhir tahun ini kami targetkan tuntas, sehingga wisatawan bisa semakin nyaman," jelas Bupati,     selasa (25/9/2012).

Kedua, konsolidasi kekayaan budaya lokal. khasanah kebudayaan lokal Banyuwaangi yang sangat beragam akan dikemas semenarik mungkin untuk menarik minat wisatawan. "Perpaduan modernitas dan lokalitas akan menjadi kekayaan budaya yang diminati wisatawan,"tutur Bupati.

Ketiga, konsolidasi masyarakat pariwisata, termasuk dengan menyiapkan masyarakat agar ramah kepada wisatawan.

"Stakeholders pariwisata di Banyuwangi harus kompak agar sektor ini tumbuh dan memberi multiplier effect yang luas bagi kesejahteraan masyarakat. Kami akan terus mengoptimalkan potensi wisata. Sektor pariwisata mempunyai banyak sektor turunan yang bisa mendongkrak perekonomian lokal," ujar Bupati Anas.

Halaman
12
Penulis: Yoni Iskandar
Sumber: Surya
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved