Kamis, 18 Desember 2014
Tribunnews.com

Ratusan Buruh di Gresik Demo Tuntut Upah

Kamis, 27 September 2012 12:42 WIB

TRIBUNNEWS.COM,GRESIK- Ratusan pekerja yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Perkayuan dan Kehutanan Indonesia (Kahutindo) Kabupaten Gresik dan Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia (SPBI) Gresik, serentak melakukan aksi turun jalan hari ini, Kamis (27/9/2012).

Ratusan buruh tersebut melakukan demo di tempat yang berbeda-beda, seperti SPSI Kahutindo berunjuk rasa di PT Jamsostek Cabang Gresik dan Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans). para buruh menuntut dicairkan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK).

Robongan buruh lain melakukan aksi demo di Kantor Pemkab Gresik dan Kantor Disnakertrans, guna menuntut kembali bekerja dan dikembalikan upah yang belum dibayarkan.

"Kami mendesak Jamsostek Gresik agar memproses perusahaan yang nunggak membayar jaminan kesehatan para pekerjanya," tegas Subari Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) SPSI Kahutindo Gresik usai mediasi dengan Kepala Cabang PT Jamsostek Gresik, Jl Dr Wahidin Sudirohusodo, Gresik, Kamis (27/9/2012).

Beberapa tuntutan dari SPBI Gresik yaitu Kekurangan upah tahun 2010 dan 2011; Kekurangan upah saat buruh diliburkan; Upah lembur untuk kelebihan hari kerja pada setiap bulan; Uang tunjangan pergantian jam kerja.

"Kami meminta pemeriksaan pelanggaran hak normatif ketenagakerjaan di PT Panalux Multi Top dan diberikan semua hak normatif buruh," tegas Agus.

Penulis: Yoni Iskandar
Sumber: Surya

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas