• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribunnews.com

Bupati Pamekasan Raih Penghargaan IGA 2012

Sabtu, 6 Oktober 2012 10:42 WIB

TRIBUNNEWS.COM,PAMEKASAN -  Bupati Pamekasan, Kholilurrahman, kembali mendapat penghargaan. Kali ini Kholilurrahman meraih Innovative Goverment Award (IGA) 2012 dari Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan bergengsi yang disandang Kholilurrahman ini, lantaran dinilai berhasil membuat sejumlah terobosan dalam bidang pemerintahan, selama lima tahun.

“Penyerahan penghargaan IGA ini, akan saya terima Senin (8/10/2012) lusa di Jakarta. Undangan dari Kementerian Dalam Negeri sudah saya terima kemarin,” ujar bupati kepada Surya, Sabtu (6/10/2012).

Menurut Kholilurrahman, program IGA yang dicanangkan pemerintah lewat Kementerian Dalam Negeri, merupakan salah satu program berupa pembinaan terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, pasal 219.

Dikatakan, penghargaan IGA ini hanya diberikan kepada 30 kabupaten/kota se Indonesia. Di Jawa Timur terdapat lima kabupaten yang mendapatkan IGA. Dan di Madura, hanya Pamekasan yang memperoleh IGA.

Penghargaan ini lanjut Kholilurrahman, diberikan kepada kabupaten/kota yang mempunyai terobosan baru dalam empat bidang tata kelola pemerintahan, yakni bidang tata kelola pemerintahan, peningkata pelayanan publik, peningkatan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing daerah.

Kemudian, kementerian melakukan penelitian dan penilaian menggunakan tiga indikator, berupa inisiatif program inovatif, replikasi program inovatif dan sumber pembiayaan program inovatif.

Setelah dilakukan penelitian, lalu kementerian menetapkan sebanyak 12 nominator unggulan melalui penelitian terhadap data dan informasi yang tersedia, dan melakukan penilaian dengan menggunakan 4 (empat) indikator masing-masing untuk setiap kategori program inovatif (total 16 indikator penilaian).

Ditambahkan, sebelum menentukan kabupaten/kota yang berhak mendapat IGA, lebih dulu kementerian melakukan empat langkah, seperti melakukan indentifikasi terhadap pemerintah kabupaten/kota yang melaksanakan program inovatif melalui media massa.

“Untuk menentukan kabupaten/kota yang berhak mendapatkan penghargaan IGA, kementerian melibatkan tenaga ahli dan khusus, yang dilakukan sejak 2007 lalu dan sekarang penilaiannya,” imbuh Kholilurrahman.

Penulis: Yoni Iskandar
Sumber: Surya
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1004511 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas