1.500 Mahasiswa Baru USI Ikuti Ospek

Masa Orientasi Perkenalan kampus (Ospek) dilaksanakan untuk perkenalan civitas

1.500 Mahasiswa Baru USI Ikuti Ospek
Universitas Simalungan

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Adol Frian Rumaijuk

TRIBUNNEWS.COM , PEMATANGSIANTAR - Mahasiswa baru Universitas Simalungun Tahun ajaran 2012/2013 diminta benar-benar memanfaatkan kesempatan yang telah dicapai.

Masa Orientasi Perkenalan kampus (Ospek) dilaksanakan untuk perkenalan civitas kampus.“Kalian sangat beruntung, karena banyak yang tidak berkesempatan untuk mengecap pendidikan hingga keperguruan tinggi,” ujar Rektor Universitas Simalungun (USI) Drs Ulung Napitu MSi dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Simalungun, penerimaan mahasiswa baru di Gedung Auditorium, Senin (8/10/2012).

Dijelaskan Ulung yang juga sebagai ketua Senat USI tersebut, saat ini jumlah penduduk produktif yang harusnya duduk di universitas sekitar 25 juta jiwa. Dan yang melanjut menurut angka partisipasi kasar saat ini hanya 4,8 juta jiwa.

Lebih lanjut disampaikannya, saat ini jumlah lulusan SMA sederajat tahun ajaran 2011/2012 mencapai 2,5 juta jiwa. “Jika diperkirakan, yang melanjutkan pendidikan ken perguruan tinggi hanya 18 persen, sekitar 400 ribu jiwa. Jadi mahasiswa baru USI 1.500, mengambil bagian dalam yang 18 persen tersebut,” ujarnya.

Sehingga, mahasiswa baru diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan itu. Sebab, banyak factor yang mengakibatkan seorang anak tidak melanjutkan pendidikan. Salah satunya adalah ekonomi.

Di USI, civitas akademik tetap berupaya untuk mencari beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. Untuk itu, bagi mahasiswa yang benar-benar mau belajar akan diberikan bantuan dana melalui beasiswa. Bahkan, mahasiswa baru telah diberikan 18 orang mendapat beasiswa bidik misi. Dimana biaya perkuliahan ditanggung negara melalui universitas.

Panitai Penerimaan Mahasiswa Baru Rahamen Saragih yang juga pembantu rector bidang kemahasiswaan melaporkan, bahwa seluruh mahasiswa baru diwajibkan untuk mengikuti masa Ospek. Yang nantinya seluruh peserta mendapat sertifikat peserta. Dan menjadi bukti untuk iktu dalam program kampus berikutnya.

Termasuk untuk dipilih dan memilih sebagai pengurus dalam kegiatan akademik di dalam kampus. Termasuk juga saat akan menyelesaikan masa studi di USI.

Lebih jauh dijelaskan, saat ini USI tengah mendapat bantuan dari Kementerian perumahan dan permukiman, bangunan Rusunawa. Yang akan diperuntukkan menjadi asrama bagi mahasiswa baru. Yang dibangun degan tiga lantai dengan jumlah kamar 71 unit. “Akan kita utamakan mahasiswa baru yang menempatinya,” ujar Ulung. Dan diperkirakan, pembangunan akan usai pada Desember 2012.(afr / tribun-medan.com)

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved