• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribunnews.com

Bendungan Way Ela di Maluku Tengah Jebol, 4774 Jiwa Terancam

Selasa, 16 Oktober 2012 15:57 WIB
Bendungan Way Ela di Maluku Tengah Jebol, 4774 Jiwa Terancam
Sripoku.com/Evan Hendra
ilustrasi bendungan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 4774 jiwa masyarakat di Desa Negeri Lima, Kabupaten Maluku Tengah terancam luapan air bah akibat jebolnya bendungan alam Way Ela. Sebanyak 87 juta meter kubik air di bendungan alam tersebut berpotensi jebol dan dapat menerjang desa hanya dalam waktu lima menit saja.

"Volume ini lebih dari 41 kali lipat dari volume Situ Gintung yang pernah jebol pada 27 Maret 2009 di Ciputat Tangerang," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran pers yang diterima Tribunnews.com, Selasa(16/10/2012).

Sutopo mengatakan, bendungan alam tersebut terbentuk longsor bukit akibat curah hujan yang tinggi menyebabkan banjir yang besar melanda Pulau Ambon pada tanggal 13 Juli 2012. Material longsoran berupa tanah dan bebatuan dengan volume yang sangat besar menutup total aliran sungai Way Ela.

Bendungan alami lanjut Sutopo terbentuk dengan tinggi tubuh bendungan mencapai kurang lebih 200 meter, dengan panjang kurang lebih 300 meter dan material longsoran yang berada pada daerah hilir tubuh bendungan alami membentang hingga mencapai kurang lebih 1000 meter. Sedangkan pada daerah hulu tubuh bendungan alami telah terisi air dengan kedalaman diperkirakan mencapai kurang lebih 20 meter dengan lebar genangan pada permukaan kurang lebih 200 meter dan panjang genangan kurang lebih 1000 meter.

"Volume air saat ini sekitar  87 juta meter kubik. Saat ini volume air terus bertambah sehingga dikhawatirkan melimpas (over topping)," jelas Sutopo

Lebih jauh Sutopo menambahkan, apabila curah hujan sangat tinggi maka berpotensi bendungan alam tersebut jebol. Akhirnya  dapat terjadi banjir bandang yang mengancam penduduk 4.774 jiwa  atau 895 KK di Desa Negeri Lima.

Diperkirakan akan terjadi banjir bandang pada area lereng bendungan bila curah hujan mencapai 50 mm per jam.  Mengingat ketinggian bendungan +215 mdpl dan jaraknya hanya 2,25 km dengan Desa Negeri Lima, maka diperkirakan terjangan banjir bandang hanya akan ditempuh sekitar 5 menit untuk menggelontorkan volume air 87 juta meter kubik sampai ke desa.

Penulis: Willy Widianto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1038191 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas