Selasa, 27 Januari 2015
Tribunnews.com

MTS Manipulasi Gaji Guru Hadi Susanto Selama 11 Tahun

Rabu, 17 Oktober 2012 17:54 WIB

MTS Manipulasi Gaji Guru Hadi Susanto Selama 11 Tahun
net
ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, ENDE -- Oknum bendahara gaji di SMK Negeri 1 Ende bernama MTS,  diduga memanipulasi gaji guru bernama Hadi Susanto. Padahal Hadi sudah pindah ke Pulau Jawa. Manipulasi gaji Hadi Susanto itu dilakukan MTS sejak tahun 2001 dan baru terungkap pada September 2012.  Akibatnya, negara rugi Rp 250 juta.

Bupati Ende, Drs Don Bosco Wangge mengatakan hal itu kepada wartawan di gedung DPRD Kabupaten Ende, Senin (15/10/2012).

Don Wangge menjelaskan, modus yang dilakukan oleh oknum MTS, dia mengajukan permintaan pembayaran gaji secara kolektif kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO)  Kabupaten Ende dan Kantor Dinas Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Kabupaten Ende.

Dalam pengajuan itu, oknum bendahara tersebut tetap memasukan nama salah seorang guru bernama Hadi Susanto yang sudah pindah ke Pulau Jawa sejak tahun 2005. "Misalnya, jumlah guru yang seharusnya dibayarkan gajinya oleh Dinas PPO Kabupaten Ende 10 orang,  namun oleh oknum bendahara menambah satu lagi menjadi 11 orang. Padahal, guru yang bersangkutan sudah pindah atau tidak  mengajar pada sekolah di Ende,"kata Don Wangge.

Don Wangge menjelaskan, bukan hanya gaji,   oknum bendahara tersebut juga memanipulasi pembayaran tunjangan atas nama guru yang sudah pindah. Akibatnya, lanjut Don Wangge, negara mengalami kerugian hingga Rp 250 juta.

"Baru minggu lalu saya mendapat laporan. Saya sudah minta Inspektorat Kabupaten Ende  menelusuri dugaan manipulasi gaji itu. Apabila terbukti,  oknum bendahara (MTS) itu segera mengembalikan uang sebelum dilanjutkan ke proses hukum,"  tegas Don Wangge.

Menjawab pertanyaan bahwa Dinas PPO Kabupaten Ende dan Dinas PPKAD Kabupaten Ende kecolongan sehingga tetap membayar gaji dan tunjangan kepada oknum guru, padahal yang bersangkutan sudah lama pindah, Don Wangge menepis hal itu karena menurutnya Dinas PPO dan Dinas PPKAD Kabupaten Ende dalam membayar gaji di semua instansi pemerintah dilakukan kolektif bukan orang perorangan.

Halaman12
Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas