Sabtu, 23 Mei 2015
Tribunnews.com

DR Hasrullah: Khutbah AM Fatwa Tamparan Bagi Sulsel

Minggu, 28 Oktober 2012 14:47 WIB

DR Hasrullah: Khutbah AM Fatwa Tamparan Bagi Sulsel
Istimewa
AM Fatwa

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ilham

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Khutbah Idul Adha 1433 Hijriyah Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Andi Mappetahang (AM) Fatwa di lapangan Karebosi Makassar dua hari lalu, masih jadi perbincangan hangat.

Magnet khutbah AM Fatwa yang juga tokoh penentang orde baru itu jadi buah bibir akademisi dan politisi. Tak tanggung-tanggung, keluarga calon Gubernur incumbent Sulsel Nomor urut dua, Syahrul Yasin Limpo melayangkan protes terhadap "fatwa-fatwa" pria asal Bone itu.

Dosen Komunikasi Politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar DR Hasrullah, mengatakan, makna khutbah AM Fatwa sebuah motivasi calon pemimpin Sulsel sekaligus tamparan atas tingginya angka kemiskinan di Sulsel.

"Saya berpikir, kita selalu positive thinking terhadap teks pidato A M Fatwa dengan judul Memilih Pemimpin Memilih Masa Depan. Tema ini sebaiknya memberi inspiratif bagi siapa saja yang ingin jadi pemimpin, termasuk menjadi Gubernur Sulsel," kata Hasrullah kepada Tribun Timur (Tribun Network), Minggu (28/10/2012).

Menjadi pemimpin sejati, kata Hasrullah, sebaiknya menjadi guru inspiratif yang selalu mendengarkan nasehat moral. Apalagi khutbah itu berasal dari seorang pendakwah dan tokoh reformis Indonesia. Jadi pemimpin harus lebih banyak menfungsikan hati nurani.

Misalnya, AM Fatwa, menyoroti penderitaan rakyat dan kemewahan pemimpin yang menyoal adanya rakyat yang terhimpit kemiskinan yang sangat paradoksal pejabat terlena dengan hedonisme. Sementara fakta dan data konkrit menunjukkan angka kemiskinan dan pengangguran di Sulsel masih cukup tinggi.

Halaman12
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Timur
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas