• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 April 2014
Tribunnews.com

Geng Curat Dibekuk Malam Takbiran

Senin, 29 Oktober 2012 16:33 WIB
Geng Curat Dibekuk Malam Takbiran
culturalcivilian
Ilustrasi pencurian

TRIBUNNEWS.COM, SANGGAU - Sekawanan geng spesialis pembongkaran tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curat) dibekuk Polres Sanggau, Kamis (25/10/2012). Enam tersangka berinisial, Aj, Nr, Jh, At, Rs dan Rh dibekuk ketika malam takbir perayaan Hari Idul Adha 1433 H.

"Berawal dari penangkapan Aj dan Nr tertangkap dari hasil penyelidikan kita dari beberapa lokasi kejadian. Kita tangkap pas malam takbiran, kalau Aj di rumahnya, sedangkan Nr di pasar. Sementara, yang lainnya hasil pengembangan kita tangkap keesokan harinya," jelas Kasat Reskrim Polres Sanggau, AKP M Husni Ramli, Senin (29/10/2012) di Mapolres Sanggau.

Husni menyebutkan keenam tersangka merupakan warga asli Sanggau. Menurutnya, pengakuan tersangka, saat ini masih ada dua kawanan lain yang melakukan pencurian di beberapa lokasi di Sanggau.

"Masih ada dua orang DPO (daftar pencarian orang)," ungkapnya.

Dijelaskannya, penangkapan tersebut merupakan bentuk pengembangan beberapa kasus curat. Sedikitnya, ada lima lokasi perampokan yang dilakukan keenam tersangka ini.

Adapun kasus-kasus curat yang pernah mereka lakukan yakni di SMA PGRI pada 2011 lalu,
di SDN 09 sekitar Agustus 2012, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sanggau pada 2011 lalu, Gereja HKBP Jl Sultan Syahrir dan Kantor Lurah Beringin sekitar 2010 lalu.

"Memang ini kasus sejak dari 2010 lalu hingga 2012 ini," jelasnya.

Berdasarkan penyelidikan terhadap tersangka, Husni mengatakan pembongkaran yang dilakukan menggunakan berbagai alat seperti obeng, linggis dan lainnya. Mereka melakukan aksi tidak secara bersamaan.

"Kadang sendiri, kadang berdua, seperti di pertanahan itu, dilakukan sendiri oleh At," jelasnya.

Atas beberapa kasus curat tersebut, Husni mengharapkan masyarakat dapat lebih waspada dan berhati-hati. Ia meminta masyarakat kembali mengaktifkan sistem keamanan keliling (siskamling) di lingkungan masing-masing.

"Bila perlu di kantor-kantor diharapkan dapat menggunakan jasa penjaga malam ataupun menggunakan CCTV," harapnya. (har)

Baca Juga:

Editor: Dewi Agustina
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1080261 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas