Sabtu, 30 Mei 2015
Tribunnews.com

4 Kecamatan di Klaten Diduga Keluarkan KTP Aspal Jemaah Haji

Kamis, 1 November 2012 23:53 WIB

4 Kecamatan di Klaten Diduga Keluarkan KTP Aspal Jemaah Haji
surya/wiwit purwanto
Pesawat haji milik penerbangan Saudi Arabian Airlines yang mengangkut jemaah haji kloter I tiba di Bandara Juanda, Surabaya, Kamis (1/11/2012).

TRIBUNNEWS.COM, KLATEN – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Klaten, Joko Wiyono mengaku akan segera terjun langsung bersama timnya untuk menyelidiki dugaan KTP asli tapi palsu (aspal).

“Saya akan terjun langsung dan mengecek proses pembuatannya bagaimana,” ucapnya, di Klaten, Kamis (1/11/2012).

Empat kecamatan diduga menerbitkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) aspal. KTP yang disinyalir aspal itu dipergunakan sebagai syarat bagi 52 jamaah haji 2012 yang berangkat melalui kloter 11 Kabupaten Klaten. Jumlah itu terbagi di Kecamatan Tulung, yakni ada 19 jamaah haji. Disusul Kecamatan Karanganom dengan 15 jamaah, serta Kecamatan Pedan dan Trucuk yang masing-masing sembilan jamaah.

“Penerbitan KTP selain bisa dilakukan Kantor Disdukcapil, juga Kantor Kecamatan. Yang membedakan adalah kode-nya di mana KTP itu dibuat, dari kode itu bisa dibedakan dari pihak mana pembuatnya. Selain pemerintah kecamatan, pemerintah desa juga perlu diajak koordinasi karena awal surat pengantar dari desa,” jelas Joko, saat ditemui, di kantornya.

Dirinya juga tidak memungkiri jika kemungkinan kantornya juga ikut terlibat dalam pembuatan KTP Aspal itu. Namun, hal itu perlu ditelusuri dari persyaratan awal untuk pembuatan KTP didapatkan, yaitu surat pengantar dari desa, termasuk RT/RW.
“Mungkin kekurang-jelian dalam mengolah data untuk permohonan KTP,” ucapnya.

Syarat untuk membuat KTP juga dibutuhkan Kartu Keluarga. Namun, jika merupakan warga baru maka dibutuhkan Surat Kepindahan untuk membuat KTP.

“Karena itu kita butuh mengecek dari alur awal pembuatan KTP itu,” imbuhnya.

Halaman12
Editor: Willy Widianto
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas