Selasa, 28 April 2015
Tribunnews.com

Aldi Dijerat Pasal Pemerkosaan Anak

Jumat, 2 November 2012 13:15 WIB

Aldi Dijerat Pasal Pemerkosaan Anak
(TRIBUN KALTIM/NIKO RURU)
Sejumlah tokoh Toraja bertemu Kapolres Nunukan AKBP Achmad Suyadi, Jumat (2/11/2012).

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Niko Ruru

TRIBUNNEWS.COM, NUNUKAN -- Kapolres Nunukan AKBP Achmad Suyadi mengatakan, pihaknya akan menjerat Aldi, dengan ancaman hukuman yang terberat. Kasus pemerkosaan terhadap korban Sri Purwanti Salindingimantora alias Jeklin (14), akan dijadikan pasal sangkaan karena hukumannya lebih berat dibandingkan dengan kasus pembunuhannya.

“Ini harus kita berikan pencerahan kepada masyarakat. Ini ancaman hukumannya, penerapan pasal memang terbalik dengan perbuatan. Kalau dilihat memang pembunuhan itu lebih berat, kalau lihat perbuatannya lebih sadis yang membunuh.  Tetapi kalau dilihat pasalnya yang lebih berat malah kasus pemerkosaannya daripada pembunuhan. Ini karena anak-anak. Kalau anak-anak ada  UU Nomor 23/2002 tentang Perlindungan Anak,” ujarnya, Jumat (2/11/2012) saat menerima tokoh-tokoh Toraja di ruangan kerjanya.

Ia mengatakan, perlu mengomunikasikan penerapan pasal ini. Terkadang masyarakat hanya mengacu pada kitab undang-undang hukum pidana (KUHP), melihat ancaman hukuman pembunuhan lebih berat daripada pemerkosaan.

“Mereka menyamakan dengan orang dewasa. Yang dilihat perbuatan bukan ancamannya. Ini kita menggunakan undang-undang perlindungan anak. Mungkin ini yang perlu diberikan pemahaman kepada masyarakat,” ujarnya.

Secara umum Polisi belum menemui kendala dalam pengusutan kasus dengan tersangka tunggal Aldi. Pemeriksaan intensif terus dilakukan dan setiap perkembangan akan disampaikan kepada keluarga korban.

“Kami memeriksa ini-ini dan ini. Kalau keterangan kurang, kami bisa dibantu. Bersinergi supaya ini cepat. Mendingan ini kita sampaikan. Kalau ada informasi bisa disampaikan terbuka. Kalau masyarakat tidak perduli, kita setengah mati,” ujarnya.

Halaman12
Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas