Jumat, 28 November 2014
Tribunnews.com

Kronologi Kecelakaan Bus Pariwisata di Parangtritis

Minggu, 11 November 2012 22:17 WIB

Kronologi Kecelakaan Bus Pariwisata di Parangtritis
TRIBUNJOGJA.COM/YUDHA KRISTIAWAN
Bus tabrak warung di Parangtritis, Minggu(11/11/2012).

Laporan Reporter Tribun Jogja, Yudha Kristiawan

TRIBUNNEWS.COM, BANTUL - Sebuah bus pariwisata menyeruduk deretan warung permanen di sekitar Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta, Minggu (11/11/2012) tadi pagi. Satu orang tewas dalam kecelakaan tersebut dan beberapa luka-luka.

Inilah kronologi menengangkan kecelakaan bus pariwisata Bima Jaya W 7234 UR yang menewaskan satu orang dan beberapa korban luka-luka.

1. Bus wisata Bima Jaya W 7234 UR membawa 60 orang rombongan wisatawan dari Desa Putat Lor, Menganti, Gresik, Jawa Timur tiba di komplek wisata Pantai Parangtritis sekitar pukul 06.30 WIB.

2. Usai penumpang turun, bus diparkir di jalan menurun (sekitar 30 derajat tingkat kemiringan) menghadap ke Selatan (menghadap warung-warung permanen) berjarak sekitar 100 meter dari warung-warung permanen.

3. Sekitar Pukul 09.30 WIB rombongan hendak meninggalkan pantai menuju Candi Borobudur. sementara rombongan lain masih asik makan dan berbelanja oleh-oleh di warung-warung tak jauh dari lokasi parkir bus, ada juga sekitar 5-7 orang sudah naik bus.

4. Kernet Bus, Hari (35) bermaksud menyalakan mesin bus, diduga tak cakap mengemudi, bus Bima Jaya meluncur cepat ke arah kerumunan rombongan wisatawan yang dibawa bus Bima Jaya sendiri, saat itu mereka asik makan dan berbelanja oleh-oleh.

5.Tak ayal lima warung oleh-oleh permanen diseruduk bus tersebut, hingga hancur berantakan, bus baru berhenti tepat di warung ke lima usai gardan bus tersangkut bangunan yang lebih tinggi. Urut dari utara (warung milik Bataliah, Sudi Kaden, Tasiyo, Suroso, Darjo),

6. Setelah mengevakuasi korban Heri (kernet Bus) dan beberapa wisatawan lain yang terluka, korban Mujayana (55) salah satu rombongan bus Bima Jaya baru diketahui menjadi korban selang satu jam kemudian, ia sudah tewas di bawah badan bus dengan kondisi mengenaskan, dengan luka serius di bagian kepala dan tertindih material bangunan yang runtuh.

7. Sekitar pukul 13.30 WIB Bus baru bisa dievakuasi

8. Pukul 17.00 WIB, seluruh rombongan Bus Bima Jaya terpaksa membatalkan wisata ke objek lain, selanjutnya pulang menggunakan bus wisata lain.

Editor: Willy Widianto
Sumber: Tribun Jogja

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas