Minggu, 2 Agustus 2015
Tribunnews.com

Budiman Sudjatmiko Calon Kuat Gubernur Jateng?

Selasa, 13 November 2012 07:18 WIB

Budiman Sudjatmiko Calon Kuat Gubernur Jateng?
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Budiman Sujatmiko, kanan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah mendaftarkan pasangan Rieke-Teten ke KPUD Jabar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mulai menyeleksi bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada Jateng yang akan dilaksanakan pada 26 Mei 2013.

Dengan 23 persen suara pada Pemilihan Legislatif 2009 lalu, PDIP dapat mengusung kadernya sendiri. Berdasarkan hasil survei calon gubernur (cagub) Jawa Tengah  yang dilakukan Indonesia Politik Survey  (IPS) muncul 30 nama kandidat cagub dari PDIP.

Empat nama yang berada di urutan teratas diantaranya, Triyono Budi Sasongko, Tjahjo Kumolo, Budiman Sudjatmiko, dan Ganjar Pranowo. Sementara Wakil Gubernur Jateng saat ini Rustriningsih dan Gubernur Bibit Waluyo berada di urutan selanjutnya.

Analis Politik dari Point Indonesia, Karel Susetyo berpendapat, munculnya nama Budiman Sudjatmiko dan Ganjar Pranowo merupakan angin segar dalam kepemimpinan muda di PDIP.
Terlebih bagi Budiman Sudjatmiko yang secara historis memiliki rekam jejak perjuangan bersama Megawati dalam melawan kekuasaan totaliter Orba pada 1996 lalu. 

"PDIP tak perlu meragukan loyalitas Budiman terhadap Megawati. Karena sesungguhnya dia bukanlah 'The Outsider' bagi PDIP. Menurut saya PDIP patut mempertimbangkan Budiman sebagai Kandidat Cagub terkuat," kata Karel saat dihubungi, Selasa (13/11/2012).

Lebih jauh Karel mengatakan, dilihat dari latar belakang intelektualnya, Budiman yang menyelesaikan pendidikan Master Politiknya di Universitas London, dan Master Hubungan Internasional di Universitas Cambridge, tak perlu diragukan. Selain itu, pertimbangan kuat lainnya adalah basis dukungan Budiman di Jateng cukup luas dan terkoordinir dengan baik.

Halaman12
Penulis: Wahyu Aji
Editor: Gusti Sawabi
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas