• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 28 Agustus 2014
Tribunnews.com

Ribuan Mahasiswa Unsoed Demo Tolak Uang Kuliah Tunggal

Rabu, 12 Desember 2012 10:16 WIB
Ribuan Mahasiswa Unsoed Demo Tolak Uang Kuliah Tunggal
net
Ribuan mahasiswa Unsoed menggelar demo tolak Uang Kuliah Tunggal, Rabu (12/12/2012) siang. Massa berencana menduduki Rektorat Unsoed

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hanan Wiyoko

TRIBUNJOGJA.COM, PURWKERTO - Siang ini (12/12/2012) ribuan mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dari berbagai kampus turun ke jalan menggelar aksi demonstrasi menolak kebijakan uang kuliah tunggal (UKT).

Dari pantauan Tribun Jogja, massa yang mengatasnamakan gerakan Save Sudirman berkumpul di Kampus FISIP Jalan Kampus. Massa yang mengenakan berbagai aksesoris dan membawa spanduk menolak komersialisasi pendidikan bergerak ke Rektorat Unsoed melalui Fakultas Ekonomi dan Hukum.

"Tolak UKT, kembalikan uang sumbangan kami," teriak massa yang mulai berjalan masuk ke kampus. Demo besar ini rencananya akan melakukan pendudukan di gedung Rektorat Unsoed.

Dari selebaran yang dibagikan mahasiswa, Unsoed menerapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebagai biaya pendidikan untuk tahun ajaran 2012. UKT lahir berdasarkan Surat Edaran Dikti No. 21/E/T/2012 tentang UKT dan Surat Edaran No. 274/E/T/2012 tentang Penghitungan UKT. UKT di Unsoed lahir melalui Surat Keputusan Rektor No.654/UN23/PP.01.00/2012.

Dalam rilis tersebut disebutkan implementasi metode penghitungan yang dilakukan Unsoed tidak sesuai dengan surat edaran Dikti tersebut. UKT yang seharusnya adalah biaya tunggal masih melahirkan penarikan-penarikan lain yang dibebankan pada mahasiswa. Misalnya, biaya jurnal, praktikum, diktat praktikum, jas laboratorium dan kartu perpustakaan. (*)

Baca  Juga  :

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Jogja
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1212991 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas