• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribunnews.com

Tahun 2013 Solo Operasikan Kereta Uap Jaladara

Jumat, 14 Desember 2012 22:11 WIB
Tahun 2013 Solo Operasikan Kereta Uap Jaladara
Tribun Jogja
Kereta kluthuk Jaladara melintas di jalan Kota Solo, beberapa waktu lalu.

TRIBUNNEWS.COM, SOLO - Kereta api uap Jaladara buatan tahun 1887 yang sedang dalam perbaikan karena rusak ketel uapnya mulai awal tahun 2013 akan beroperasi menyusuri rute rel di pinggir Jalan Slamet Riyadi Solo.

"Mudah-mudahan awal tahun 2013 sudah jadi dan bisa dioperasikan kembali seperti semula," kata Wakil Kadaop VI Yogyakarta, Sri Astuti, di sela-sela pemancangan tugu bangunan benda cagar budaya (BCB) di Stasiun Kereta Api Jebres, Solo, Jumat (14/12/2012).

Ia mengatakan kereta api uap kuno Jaladara dalam pengoperasiannya perlu perlakuan khusus dan tidak sembarangan orang bisa mengoperasikan. Untuk bahan bakar kayunya juga tidak asal  menggunakan kayu jati, tetapi harus benar-benar dipilih kayu jati yang sudah tua.

Executive Vice President Pusat Pelestarian dan Benda Bersejarah PT KAI, Ella Ubaidi, mengatakan, pengoperasian kereta uap kuno tersebut dimaksudkan untuk membantu promosi pariwisata budaya di Kota Solo.

"Di Solo ini kan banyak peninggalan-peninggalan benda bersejarah dan budaya di masa lalu, maka akan sangat bagus jika dilengkapi dengan pengoperasian kereta uap kuno ini, untuk pariwisata. Untuk itu dalam mengoperasikan harus diatur dengan baik, karena ini barang langka," katanya.

Lokomotif uap kuno ini, lanjut Ella, sejarahnya ditemukan di Cepu yang dulunya digunakan untuk menarik kayu jati dan minyak itu sebelumnya disimpan di Museum Kereta Api Ambarawa. Setelah dilakukan perbaikan baru dibawa ke Solo.

"Kereta api ini ada dua yang satu sekarang berada di Solo dan satunya berada di Belanda. Saya pernah melihat kembaran kereta api uap ini berada di Belanda. Banyak orang terkagum-kagum kereta uap ini masih bisa dioperasikan, sehingga tidak mengherankan jika menjadi daya tarik tersendiri," kata Ella.

Editor: Willy Widianto
Sumber: Tribun Jogja
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1222682 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas