Minggu, 23 November 2014
Tribunnews.com

Ini Dia Lokasi Rawan Bencana di Jalur Kereta Api Daop III Cirebon

Senin, 17 Desember 2012 19:14 WIB

Ini Dia Lokasi Rawan Bencana di Jalur Kereta Api Daop III Cirebon
Rel kereta api

TRIBUNNEWS.COM, CIREBON - Setidaknya ada tujuh titik bencana di wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon. Titik-titik itu meliputi daerah di jalur utara dan selatan yang rawan banjir dan longsor di musim hujan.      

Kepala Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Sapto Hartoyo mengatakan hal itu, Senin (17/12/2012) di Cirebon, Jawa Barat. Daerah rawan banjir itu meliputi ruas Cikampek-Tanjungrasa, Pringkasap-Pasir Bungur, Ciledug-Ketanggungan Barat, dan Cikaum-Pegaden Baru.

"Adapun yang rawan longsor ialah Cikampek-Tanjungrasa, Babakan Wruduwur, dan Brebes-Tegal," katanya. Untuk menuju wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, jalur KA dari Cirebon bercabang menjadi dua lintasan, yakni lintasan selatan yang melalui Purwokerto di Kabupaten Banyumas, dan jalur utara yang melalui Tegal dan Semarang.      

Sebelumnya, staf KAI Daop 3 Cirebon juga melakukan penilikan jalan KA pada Jumat akhir pekan lalu. Petugas PT KAI Daop 3 yang berjumlah tujuh orang melintasi sebagian jalur selatan di wilayah Cirebon dengan menumpang lori.

Mereka singgah di empat stasiun untuk melihat kesiapan petugas, yakni di Stasiun Luwung, Karangsuwung, Sindanglaut, dan Ciledug. Di sepanjang jalur kereta yang dilintasi, banyak ditemui petugas yang memperbaiki rel dengan mendongkrak pasangan bantalan rel, serta mengecek perenggangan lebar rel.

Petugas juga memeriksa dan memastikan titik-titik peralihan jalur atau wesel tidak kekurangan pelumas. Perenggangan rel yang melebihi toleransi bisa mengakibatkan kereta anjlok, sedangkan wesel yang kurang pelumas akan menghambat peralihan jalur KA. Pada kilometer (KM) 244 di Desa Cisaat, Kecamatan Waled, misalnya, yakni yang berada di jalur antara Stasiun Karangsuwung dan Ciledug, petugas menemukan rel sekitar 200 meter yang bergelombang.

"Pemeriksaan semacam ini sebenarnya merupakan pekerjaan rutin. Namun, mendekati perayaan Natal dan Tahun Baru, pekerjaan ini semakin intensif. Sebab, diperkirakan akan terjadi kenaikan arus penumpang serta penambahan rangkaian kereta yang melintasi wilayah 3 Cirebon," kata Sukairi, Kepala PT KAI Daop 3 Cirebon.

Editor: Willy Widianto
Sumber: Kompas.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas