Curanmor Kejahatan Terbanyak di Polrestabes Bandung

Pencurian kendaraan bermotor baik itu roda dua maupun roda empat menempati jenis kejahatan tindak pidana menonjol dan tertinggi

Curanmor Kejahatan Terbanyak di Polrestabes Bandung
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Abdul Rakhman Baso.

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Pencurian kendaraan bermotor baik itu roda dua maupun roda empat menempati jenis kejahatan tindak pidana menonjol dan tertinggi pada 2012 di Kota Bandung.

Demikian dikemukakan Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Abdul Rakhman Baso pada siaran pers hasil kinerja Polrestabes Bandung secara umum selama 2012 berlangsung di aula Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Bandung, Sabtu (29/12/2012).

"Curanmor ini tercatat sebanyak 1.045 kasus. Pelaku ini banyak dari luar Kota Bandung, bahkan dari luar Jawa atau Sumatera. Ada pula masyarakat yang mengkredit kendaraan, lalu modusnya karena tidak bisa membayar. Kemudian mencari alasan kalau kendaraannya dicuri," ujar Kapolrestabes.

Salah satu alasan curanmor tertinggi karena memiliki nilai ekonomis, semisal kendaraan tersebut bisa dengan cepat dijual oleh pelaku curanmor. Hal itu yang mendorong curanmor menduduki peringkat pertama. Dari kasus curanmor selama 2012, ada sejumlah kendaraan yang sudah dikembalikan kepada masyarakat.

Berturut-turut jenis kejahatan tindak pidana menonjol pada 2012, peringkat kedua dan seterusnya adalah penipuan 815 kasus, pencurian dengan pemberatan sebanyak 704 kasus, pencurian dengan kekerasan 456 kasus, penganiayaan berat 248 kasus, narkoba 124 kasus, perkosaan 11 kasus, pembunuhan 10 kasus, dan pemalsuan mata uang 4 kasus.

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved