• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Tribunnews.com

Wakil Gubernur Kepri Ancam Pengrusak Lingkungan

Minggu, 30 Desember 2012 21:00 WIB
Wakil Gubernur Kepri Ancam Pengrusak Lingkungan
Tribun Batam/Iman Suryanto
Wakil Gubernur Kepri, HM soerya Respationo bersama ketua KONI Kepri Nur Syafriadi bersalaman dengan atlet silat yang tengah melakukan training center, Sabtu (1/9/2012) malam.

Laporan Wartawan Tribun Batam, Iman Suryanto

TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Banyaknya aksi eksploitasi bauksit yang begitu luas dan sangat membahayakan lingkungan  di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) khususnya di Bintan dan Tanjungpinang mendapatkan sorotan tersendiri dari Wakil Gubernur Kepri HM Soerya Respationo.

Terlebih lagi eksplorasi tersebut sudah menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan, khususnya di beberapa lokasi-lokasi yang yang dahulu penggalian bauksit.

"Saat ini, bukan lagi pada legal atau ilegalnya saja, namun juga pada sampak yang di timbulkan dari adanya sisa-sisa penggalian tersebut," ungkap Soerya di sela-sela kunjungan kerja akhir tahun 2012 ke lima pulau terluar kepada Tribunnews.com, Minggu(30/12/2012) pagi.

Mengenai hal tersebut, tambahnya, perlu adanya pengkajian lagi yang lebih mendalam dan akurat, terkait dampak tersebut. Meski perusahaan yang bergerak di bidang tersebut sudah melakukan aturan yang berlaku atau tidak. Terlebih lagi jika yang melakukan hal tersebut terbilang Ilegal.

"Sebagai aturan yang ada, perusahan penggalian harus melakukan rehabilitasi lingkungan dari sisa penambangan. Agar jangan sampai meninggalkan bekas dan lubang yang berdampak negatif bagi lingkungan. Mengingat kewajiban untuk merehabilitasi tersebut sudah tercantum dalam perda dan Undang-undang. Jika melanggar maka bisa di pidanakan, dengan ancamannya diatas lima tahun," ujarnya.

Karena itu, pemerintah daerah, aparat dan masyarakat setempat kiranya bisa bersama-sama bekerja sama untuk melakukan pengawasan hingga penindakan secara langsung, jika terbukti tidak melaksanakan aturan yang sudah ditetapkan.

"Dan saya pun sewaktu-waktu juga akan turun mendadak untuk melakukan peninjauan ke beberapa lokasi. Yang jelas saya tidak akan berkompromi dengan perusahaan maupun pelaku yang merusak lingkungan," tegasnya.

REGIONAL POPULER

Penulis: ricas74
Editor: Widiyabuana Slay
Sumber: Tribun Batam
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1268681 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas