• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribunnews.com

LBH Medan Ragu-ragu Buka Kantor Perwakilan di Sumut

Selasa, 1 Januari 2013 13:54 WIB

Laporan Wartawan Tribun Medan, Irfan Azmi Silalahi

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan, Surya Adinata mengakui pihaknya telah menerima permintaan dari beberapa orang untuk membuka kantor perwakilan atau cabang LBH di beberapa kota di Sumatera Utara. Sebut saja Pematang Siantar, Tebing Tinggi dan Padang Sidempuan.

Menurut Surya, beberapa orang sudah ada yang menawarkan diri untuk menjadi Kepala Perwakilan LBH di tiga kota tersebut. Namun dengan berbagai alasan Surya menyebutkan belum berkeinginan atau tepatnya belum menyetujui dibukanya kantor-kantor perwakilan tersebut.

"Kami masih mau mengoptimalkan yang ada sekarang dulu. Medan sebagai pusatnya dan dua wilayah seperti Asahan dan Labuhan Batu, adalah dua perwakilan yang hingga sekarang masih terus kami terus optimalisasikan kinerjanya. Memang beberapa teman sudah ada yang meminta untuk menjadi Kepala Perwakilan LBH di tiga kota tersebut, tetapi pertimbangannya kan cukup panjang," ujar Surya Adinata dikonfirmasi Tribun Medan (Tribunnews Network) di Medan, Selasa (1/1/2012).

Dijelaskan Surya, untuk mendudukkan seorang Kepala Perwakilan LBH di beberapa kota di Sumut dibawah naungan LBH Medan, pihaknya pun harus melihat track record seorang calon pemimpin di sana. Pasalnya Surya tidak memungkiri sebagai seorang pimpinan LBH di suatu wilayah, tentunya sangat banyak oknum-oknum yang berusaha mendekatkan diri nantinya kepada pimpinan tersebut.

"Track record itu didalamnya adalah pengendalian diri. Kalau hanya sekedar ogah-ogahan untuk dirinya sendiri untuk apa dibuka kantor perwakilan baru. Selain itu kepentingan orang-orang tertentu kan sangat banyak di LBH ini, kalau tidak bisa mengendalikan diri bisa berbahaya. Paling tidak dia, seorang yang berkeinginan menjadi pemimpin perwakilan LBH harus sama visi dan misinya dengan kami semua," urainya.

Selain itu menurutnya untuk membuka kantor perwakilan di satu wilayah, pihaknya harus tetap berkoordinasi dengan pusat yaitu Yayasan Lembaga Bantuan Hukum di Jakarta. Secara pribadi, Surya berkeinginan seandainya akan dibuka kantor perwakilan LBH Medan di beberapa wilayah di Sumut, harusnya pimpinannya tetap diisi oleh orang dalam LBH dan bukan dari pihak eksternal.

"Harusnya pimpinan LBH di satu wilayah harus orang dalam LBH dan bukan dari luar. Kalau dari dalam dia sudah mengerti LBH dan tidak usah terlalu khawatir. Kalau dari luar LBH takutnya dia tidak paham apa itu LBH dan visi misi yang selama ini diemban oleh LBH yaitu membela masyarakat miskin atau kelas marjinal," ujarnya.(Irf)

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Medan
0 KOMENTAR
1273452 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas