• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 2 September 2014
Tribunnews.com

Tiga Partai Lokal Aceh Resmi Jadi Peserta Pemilu

Kamis, 10 Januari 2013 07:54 WIB

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh akhirnya menetapkan tiga partai politik lokal, yaitu Partai Aceh (PA), Partai Nasional Aceh (PNA), dan Partai Damai Aceh (PDA) sebagai peserta Pemilu Legislatif 2014.

Keputusan ini ditetapkan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual dan penetapan partai politik lokal pemilu anggota DPRA, DPRK 2014 di Sekeretariat KIP Aceh, Selasa (8/1/2013).

"Hasil verifikasi faktual tingkat kabupaten kota terhadap dua partai politik lokal menetapkan Partai Nasional Aceh dan Partai Damai Aceh dinyatakan memenuhi syarat baik di provinsi maupun di kabupaten/ kota," kata Ketua Pokja Partai Lokal KIP Aceh, Zainal Abidin SH kepada Serambi Indonesia (Tribunnews Network) seusai rapat.

Sedangkan Partai Aceh dinyatakan lolos sebagai peserta pemilu 2014 karena memenuhi electoral threshold (ambang batas) 5 persen dari jumlah kursi di DPRA.

Ketiga partai politik lokal itu (PA, PNA, dan PDA) yang resmi menjadi peserta Pemilu 2014 ditetapkan dalam Surat Keputusan KIP Aceh Nomor 01 Tahun 2013.

"Dengan demikian, partai politik lokal yang telah ditetapkan sebagai peserta Pemilu DPRA maupun DPRK adalah PA, PNA, dan PDA," ujar Zainal.

Rapat pleno itu dibuka Ketua KIP Aceh, Drs Abdul Salam Poroh yang dihadiri komisioner KIP, ketua pokja partai lokal KIP kabupaten/kota se-Aceh, dan unsur dari perwakilan partai politik lokal. Selanjutnya rapat pleno dipimpin Ketua Pokja Partai Lokal KIP Aceh, Zainal Abidin dengan meminta masing-masing ketua pokja KIP kabupaten/kota membacakan berita acara hasil verifikasi. Setelah itu kepada masing-masing perwakilan partai lokal yang hadir KIP membuka kesempatan memberi masukan dan keberatan.

Semua perwakilan partai lokal menerima hasil berita acara yang dibacakan ketua pokja KIP kabupaten/kota.

Menurut Zainal, Partai Nasional Aceh (PNA) mengajukan dokumen kepada KIP Aceh di 21 kabupaten/kota. Hanya Aceh Tamiang dan Aceh Singkil yang tidak masuk. Dari 21 kabupaten/kota yang diajukan dokumennya untuk diverifikasi oleh KIP kabupaten/kota, dinyatakan memenuhi syarat 100 persen.

Sementara Partai Damai Aceh (PDA) mengajukan dokumen untuk diverifikasi di 19 kabupaten/kota. Hanya Bireuen, Aceh Tenggara, Subulussalam, dan Aceh Singkil yang tidak termasuk. Namun setelah diverifikasi seluruh dokumen di 19 kabupaten/kota dinyatakan memenuhi syarat 100 pesen. Khusus Partai Aceh ditetapkan sebagai peserta pemilu karena partai lokal itu memenuhi electoral threshold.

Zainal menyebutkan setelah ditetapkan sebagai peserta pemilu untuk selanjutnya KIP akan melakukan pengundian nomor urut untuk ketiga partai lokal di Aceh. Namun, jadwal pengundian nomor urut ini akan mengikuti jadwal yang ditetapkan KPU Pusat.

Sesuai Qanun Nomor 3 Tahun 2008 tentang Partai Politik Lokal Pemilu Anggota DPRA dan DPRK bahwa nomor urut untuk partai politik lokal dilakukan setelah penarikan nomor urut partai politik nasional.

"Dengan demikian, nomor urut partai politik lokal di Aceh adalah nomor terakhir setelah partai politik peserta pemilu 2014," ujar Zainal.

Sementara itu, KIP juga menegaskan kepada tiga partai lokal yang sudah ditetapkan sebagai peserta pemilu itu agar tidak melakukan sosialisasi sebelum proses administrasi selanjutnya selesai, seperti halnya penetapan nomor urut yang dijadwalkan KPU Pusat. (sar)

Editor: Dewi Agustina
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1306962 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas