• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 20 September 2014
Tribunnews.com

Harga Ikan Laut Naik

Jumat, 11 Januari 2013 07:00 WIB
Harga Ikan Laut Naik
TPI Panagndaran

TRIBUNNEWS.COM   BANDUNG,  - Harga ikan laut di pasaran di Kota Bandung mengalami kenaikan sejak pergantian tahun dari 2012 ke 2013. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya pasokan ikan ke wilayah Kota Bandung, menyusul cuaca buruk di sentra penghasil ikan laut.
Pengelola Pasar Ikan Higienis (PIH) Gedebage, Ade Wahyudin mengatakan, harga ikan laut naik rata-rata 30-40 persen. Itu berlaku untuk semua jenis ikan laut, termasuk udang tambak.

"Penyebabnya ya karena cuaca buruk. Banyak nelayan yang berhenti melaut sehingga pasokan ikan ke kami pun tersendat," kata Ade, saat dihubungi Tribun, Kamis (10//20131).
Ade mengungkapkan, untuk ikan kembung naik menjadi Rp 25.000 per kilogram dari semula Rp 18.000 per kilogram. Sementara bawal menjadi Rp 50.000 per kilogram dari semula Rp 38.000 per kilogram. "Udang windu juga ikut naik," ujarnya.

Menurut Ade, sejak memasuki 2013 pasokan ikan laut ke PIH Gedebage turun 40 persen. Pasokan pun tidak lancar setiap hari, melainkan kadang-kadang saja, yakni ketika stok di tempat pelelangan ikan (TPI) banyak.

Ikan laut yang dipasok ke PIH Gedebage langsung berasal dari tempat pelelangan ikan (TPI) di daerah utara Jabar dan Jateng. Karena dari TPI, ikan yang dijual masih segar dan kebersihannya pun terjaga karena PIH Gedebage merupakan pasar higienis.

Pedagang ikan di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Enin juga mengatakan hal sama. Menurutnya, pasokan ikan laut tidak banyak sejak beberapa pekan terakhir ini. Akibatnya, harga jual ikan pun naik. "Katanya karena cuaca, sehingga banyak nelayan yang libur melaut," kata Enin, kemarin.

Enin mengaku, setiap kali cuaca buruk, pasokan ikan ke kiosnya mengalami penurunan. "Ikan tawar waktu itu naik juga karena kemarau. Pokoknya kalau cuaca tak bersahabat pasti pasokan terpengaruh, dan harga pun ikut terpengaruh," katanya. (roh)

Baca   Juga    :

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Jabar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1311561 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas