• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribunnews.com

125 Pulau di Batam Ditanami Bakau

Senin, 14 Januari 2013 13:24 WIB

125 Pulau di Batam Ditanami Bakau
google

TRIBUNNEWS.COM, BATAM -- Nelayan yang tergabung dalam Forum Kelompuk Usaha Bersama (KUB) Bina Madani Batam mencanangkan gerakan penanaman mangrove (bakau) di 125 pulau berpenghuni di seluruh Batam.

Adapun jumlah bakau yang akan ditanam sebanyak 145 ribu batang dengan mengerahkan seluruh KUB  di bawah binaan Dinas KP2K Batam sepanjang 2013.

"Gelombang pertama 5 KUB diminta menanam minimal 2.000 batang per KUB. Kemudian kepada 40 KUB yang sudah menerima bantuan PUMP, diminta menanam minimal 1.000 batang bakau. Dan selanjutnya 190 KUB lain akan diajak menanam mangrove minimal 500 per KUB," papar pengurus Forum KUB Bina Madani Batam, Abu Bakar, saat pencanangan program di Pulau Cengkui Kecamatan Bulang.

Acara pencanangan tersebut bersempena dengan syukuran KUB Karya Bersama (Batam) yang berhasil menjadi teladan nasional ke 2 dalam acara Adibhakti Mina Bahari 2012.
 
Kepala Dinas KP2K Batam, Suhartini mengatakan keberhasilan KUB tersebut sebagai hasil kerja keras seluruh nelayan di Kota Batam. Karena telah membuat bantuan Program Usaha Mina Pedesaan (PUMP) menjadi berkembang sejak dimulai 2009 lalu.

"Kami arahkan mereka untuk sisihkan hasil tangkapan untuk ditabung. Tabungan FKUB ini sekarang sudah sampai Rp 1 miliar. Dan ini yang jadi dasar evaluasi untuk laksanakan program program selanjutnya," kata Suhartini.

Kalau yang sudah dapat bantuan punya kinerja bagus, maka kelompok lain akan dapat bantuan lagi. Bagi yang sudah mendapat PUMP akan dievaluasi lagi untuk dapat bantuan kapal. Tahun 2011 nelayan Batam mendapat satu unit kapal 35 GT.

Tahun 2012 pada awalnya hanya akan dapat tambahan satu kapal lagi. Tapi karena melihat keberhasilan para nelayan akhirnya dapat empat kapal. "Rasa syukur ini ditunjukkan dengan komitmen menjaga lingkungan. Salah satunya melalui penanam bakau ini," ujarnya. (Tribun Batam/tik)

Baca juga:

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Batam
0 KOMENTAR
1322611 articles 0 0
Default
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas