• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribunnews.com

Lanal Batam Buru Tiga Perompak Tugboat KM Pelita

Senin, 14 Januari 2013 01:47 WIB
Lanal Batam Buru Tiga Perompak Tugboat KM Pelita
Tribunnewsbatam.com/Argyanto
Komandan Pangkalan TNI AL Batam Kolonel Nurhidayat.

Laporan Wartawan Tribunnews Batam, Aprizal

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM - Lanal Batam masih melakukan pengejaran terhadap pelaku perompakan tugboat KM Pelita dan kapal tongkang Olympus yang membawa BBM jenis solar dan premium.

Sementara itu, berkas empat pelaku dari tujuh orang yang berhasil diamankan, sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Batam, Jumat (11/1/2012) lalu.

"Berkas penyidikan lima pelaku sudah dilimpahkan ke kejaksaan Jumat lalu. Sementara, tiga pelaku yang belum ditangkap masih dalam pengejaran. Ketiga pelaku yang DPO, bekerja sebagai kapten kapal," ujar Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (P) Nurhidayat.

Dalam melakukan aksinya beberapa waktu lalu, ketiga buron itu bertindak sebagai pihak yang menguasai kedua kapal yang dirompak.

"Mereka juga yang menentukan kapal korban dirompak hingga disembunyikan," kata Nurhidayat.

Diberitakan sebelumnya, tugboat KM Pelita dan tongkang Olympus yang membawa BBM jenis solar sebanyak 150 ton dan 10 ton premium dari Pertamina Tanjunguban tujuan Guntung Indragiri Hilir, Riau, dibajak tujuh perompak bersenjata di perairan Selat Nenek, Batam, Senin (31/12/2012) pukul 02.00 WIB.

Perompak datang menyergap KM Pelita menggunakan speed boat. Begitu mendekat ke tongkang, ketujuh perompak itu langsung melompat dan pindah ke atas tongkang.

Sementara pelaku utama perompakan merupakan seorang 'pemain' BBM ilegal di Batam. Dan seorang otak pelaku perompakan itu adalah mantan nahkoda kapal tug boat KM Pelita.

Informasi yang diperoleh Tribun di lapangan, MM adalah seorang otak pelaku perompakan yang bertugas merencanakan perompakan dan akan menjual minyak solar ke salah seorang 'pemain' di Batam.

Sementara ML, yang sudah diamankan anggota Lanal Batam, mantan nahkoda tugboat KM Pelita. Aksi perompakan sudah direncanakan para pelaku jauh hari sebelumnya.

Beberapa pelaku yang sudah diamankan Lanal Batam, yakni IH, ML, MM, dan dua pelaku yang belum diketahui namanya.

Kelima pelaku yang sudah diamankan, sebagian warga Batam dan sebagian lagi warga luar Batam. Bahkan beberapa pelaku sudah menjadi target operasi (TO), karena sebelumnya telah beberapa kali melakukan perompakan.

Editor: Rachmat Hidayat
Sumber: Tribun Batam
0 KOMENTAR
1320862 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas