• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 28 Agustus 2014
Tribunnews.com

Kemeriahan Hari Jadi Satpam di Berau

Kamis, 17 Januari 2013 17:38 WIB
Kemeriahan Hari Jadi Satpam di Berau
(Tribun Kaltim/Geafry Necolsen)
Kemeriahan Hari Jadi Satpam ke 32 ini dimeriahkan dengan lomba tarik tambang yang diikuti oleh berbagai satuan pengamanan dari berbagai perusahaan.

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Geafry Necolsen

TRIBUNNEWS.COM, TANJUNG REDEB -- Satuan Pengamanan (Satpam) memperingati hari jadi yang ke 32 di Mapolres Berau,  Kamis (17/1/2013). Cuaca hujan membuat acara itu dipindah ke dalam lobi mapolres. Peringatan hari jadi Satpam ini seharusnya diperingati pada 30 Desember lalu, tetapi baru dapat digelar di pertengahan bulan Januari.

“Tertundanya waktu peringatan ini karena padatnya kegiatan masyarakat yang membutuhkan perhatian kita (Polres Berau),” kata Kapolres Berau, AKBP Mukti Juharsa. Meski demikian, Mukti menambahkan, keterlambatan ini tidak mengurangi esensi  hari jadi Satpam.

Keberadaan Satpam, disebutkan Mukti telah meringankan tugas Polri. “Polri tidak bisa bekerja sendiri, untuk mendukung Polri dalam menajaga keamanan di tengah masyarakat maka dibentuk Satuan Tugas Pengamanan (Satpam),” jelasnya.

Karena itulah, Satpam dibentuk melalui Surat Keputusan Kapolri dan diperkuat dengan Undang-undang Kepolisian Nomor 13 Tahun 1961.

Keberadaan satpam sendiri, kata Mukti memang tidak terlepas dari kepolisian, sebab, secara hukum kepolisian ditunjuk sebagai penjamin kualitas satpam, selain itu, Polri juga lah yang memberikan ijin operasional kepada satpam.

Menurut catatan Polri, jumlah satpam yang telah mengantongi izin resmi dari kepolsian sebanyak 192.969 satpam atau meningkat 25 persen dibanding tahun sebelumnya.

Baca juga:

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Kaltim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1336791 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas