• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 2 September 2014
Tribunnews.com

Dana Pembangunan Infrastruktur Jalan Sintang Rp 27 M

Jumat, 18 Januari 2013 17:07 WIB

TRIBUNNEWS.COM, SINTANG - Pemerintah Kabupaten Sintang akan melakukan pembangunan infrastruktur jalan di daerah perbatasan di Kabupaten Sintang. Kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 27 miliar digelontorkan untuk pembangunan infrastruktur 2013. Perbatasan sebagai beranda terdepan daerah akan terus dibangun dan meninggalkan permasalahan klasik perbatasan tertinggal.

Kepala Bagian Badan pengelola Perbatasan (BPP) Kabupaten Sintang, H Abdurrani mengungkapkan pihaknya akan segera melakukan pembenahan infrastruktur perbatasan di dua keacamatan di Kabupaten Sintang, yaitu Kecamatan Ketungau Hulu dan Kecamatan Ketungau Tengah.

"Kita akan fokuskan pembangunan infrastruktur jalan, dengan dana Rp 27 miliar dari dana DAK, saat ini proses administrasi sedang kita lakukan agar pembangunan bisa segera dilaksanakan," ujar Abdurrani kepada Tribun Pontianak (Tribunnews Network), Jumat (18/1/2013).

Menurutnya, jalan yang akan dibenahi adalah jalan yang belum memiliki status, bisa jalan baru maupun jalan tikus yang statusnya bukan jalan kabupaten, provinsi, maupun jalan negara. Dengan harapan pembenahan infrastruktur jalan antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya bisa terhubung.

Ia mengatakan mengenai jalan yang akan dibangun, sudah banyak ruas-ruas jalan yang diajukan masyarakat, namun pihaknya tetap akan melakukan survei terhadap jalan prioritas yang akan dibangun, sebab untuk membangun semua jalan yang ada di dana tak mencukupi.

"Pembangunan kita lakukan berdasarkan lokasi prioritas yang ada di Ketungau Hulu dan  Ketungau Tengah," katanya.

Ia menjelaskan penentuan lokasi prioritas, bukan berdasarkan penduduknya, akan tetapi berdasarkan aktivitasnya. Kecamatan yang akan dibangun Border Development Center (BDC) merupakan prioritas pertama, sedangkan kecamatan sebagai lokasi prioritas kedua secara historis memiliki arus orang secara tradisional yang melintasi jalan tersebut untuk keperluan ekonomi. Sedangkan lokasi prioritas ketiga kecamatan berbatasan langsung dengan negara luar, tapi secara tradisional jarang orang melintasi jalan itu untuk keperluan ekonomi.

Pembangunan jalan yang akan dilaksanakan selain berdasarkan lokasi prioritas juga akan dilihat lokasi perkampungan yang tertinggal, sehingga akan dibuatkan jalan dan peningkatan status jalan. Menurutnya ada empat jalan tikus di daerah perbatasan yang sudah diketahui sering digunakan, yaitu Desa Nanga Bayan, Desa Sungai Keli, Desa Jasa, dan Desa Semarih.
(acu)

Editor: Dewi Agustina
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
1340971 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • yudi-Minggu, 26 Mei 2013 Laporkan
    Pumpung lg ad brita tntng pmbngunan jaln, saya mau mnta tolng pda kru tribun buat mnyampai kn kpda pemeritahan kab. Sintana, bahwa jaln desa baning panjang kec. Kelam permai, kab. Sintang pda saat ini sudah tidak bsa di lalui olh kndaraan, di krnakn kondi
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas