Kampung Tenun Samarinda Bakal Jadi Daerah Tujuan Wisata

Samarinda telah ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi salah satu daerah tujuan wisata.

Kampung Tenun Samarinda Bakal Jadi Daerah Tujuan Wisata
Kampung Tenun Samarinda

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Doan Pardede

TRIBUNNEWS.COM SAMARINDA, - Data pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Samarinda, per Desember 2012 jumlah penduduk Samarinda hampir mencapai 1 juta atau tepatnya 928.644 jiwa. Komposisinya, 488.583 jiwa laki 440.061 perempuan. Demikian dikatakan Walikota Samarinda, Syaharie Jaang di acara Sidang Paripurna Hari Jadi Kota Samarinda ke 345 dan HUT Pemkot Samarinda ke 53 di DPRD Samarinda, Senin (21/1/2013).

Dipaparkan Jaang, bila dibandingkan dengan daerah tingkat II lainnya di Kaltim maka Samarinda mengalami peningkatan tertinggi.

"Tingginya pertumbuhan penduduk ini, selain diakibatkan pertambahan alamiah juga karena faktor imigrasi yang merupakan konsekuensi daerah yang memiliki potensi ekonomi yang cukup besar," kata Jaang.

Pendidikan masyarakat secara umum di Samarinda dipaparkannya secara umum masih cukup baik. Berdasarkan publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2012, tercatat lama - lama sekolah penduduk 10,06 tahun.

"Artinya, secara rata - rata penduduk menghabiskan 10,06 tahun untuk duduk di bangku sekolah. Atau sampai rata - rata pendidikan SMP. Sedangkan kita telah mencanangkan wajar (wajib belajar) 12 tahun. Harapan kita kedepan penduduk kita rata - rata lulusan SLTA," katanya.

Salah satu indikator untuk keberhasilan program di bidang pendidikan dipaparkannya adalah keberhasilan pemerintah dalam memberantas buta huruf, meningkatkan angka melek huruf Samarinda sebesar 98,02 persen diatas rata - rata provinsi Kaltim yakni 97,21 persen.

"Angka harapan hidup di Samarinda 71,42 tahun, hampir sama dengan rata - rata Kaltim yakni 71.40 tahun," katanya.

Pendapatan perkapita Samarinda tahun 2012 juga dipaparkan berada di atas rata - rata Kaltim yakni berada di antara Rp 653 ribu - Rp 654 ribu dengan trend yang terus meningkat.

Dalam kesempatan tersebut, Jaang juga memaparkan bahwa Samarinda telah ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi salah satu daerah tujuan wisata.

"Samarinda ditunjuk menjadi daerah tujuan wisata yakni Kampung Tenun. Kampung tenun merupakan salah satu rencana pemekaran kelurahan di Samarinda, yang masuk dalam program legislasi pada tahun ini menjadi Kampung Tenun Samarinda," katanya.

Baca  Juga  :

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved