• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 31 Juli 2014
Tribunnews.com

6 Pilkada di Sulsel Digelar 18 September

Senin, 4 Februari 2013 08:59 WIB
6 Pilkada di Sulsel Digelar  18 September
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menetapkan Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota (Pilwali) Makassar digelar 18 September 2013. Pilwali Makassar bersamaan dengan pemilihan kepala daerah (pilkada) lima daerah lainnya. Masing-masing Pinrang, Luwu, Wajo, Jeneponto, dan Sidrap.

Selama 2013 ini, 10 daerah menggelar pilkada. Pilkada Bantaeng dan Sinjai 17 April. Pilkada Kabupaten Enrekang untuk mencari pengganti La Tinro La Tunrung diperkirakan Juni. Adapun KPU Parepare telah menetapakan pilwalinya pada 29 Agustus.

Ketua KPU Makassar, Misna Hattas, mengatakan, sejauh ini pihaknya telah memetakan kebutuhan dan merancang tahapan pilwali. “Hasil pleno kita, pilwali digelar 18 September nanti,”kata Misna, Minggu (3/2/2013).

Meski demikian, Misna mengaku, tahapan pilwali yang direncanakan KPU Makassar belum sepenuhnya rampung.

"Februari ini masuk dalam tahapan persiapan. Tahapan persiapan itu termasuk menyiapkan regulasi terkait pemilukada. Beberapa tahapan persiapan itu masih sementara dipelajari pascapilgub, sehingga tahapan yang dilakukan nantinya dapat betul-betul dilakukan secara matang dan dilaksanakan secara optimal," jelas Misna.

Menurut Misna, beberapa kendala yang dihadapi pada pilgub lalu menjadi bahan evaluasi bagi KPU Makassar. Persoalan utama yang disebut Misna adalah kasus daftar pemilih yang terkadang bermasalah dalam setiap proses pemilihan langsung. "Yang pasti kita evalusi DPT. Mudah-mudahan tidak ada keluhan DPT di pilwali," ujar Misna.

Misna menyebutkan, rentang waktu dari pilgub ke pilwali yang berselang tujuh bulan sangat memungkinkan terjadinya perubahan antara DPT (daftar pemilih tetap) pilgub ke DPT pilwali. Hal itu dikarenakan akan munculnya pemilih pemula pada hari H pelaksanaan pilwali.

"Kemungkinan bertambah, terutama pemilih pemula. Usia 17 tahun pada hari H itu akan memilih. DPT akan kita rampungkan tiga bulan sebelum pilwali," kata Misna.

Pilgub lalu, daftar pemilih tetap (DPT) Makassar mencapai 1.046.285 jiwa. Namun suara sah hanya 627.590 (59,9 %). Lebih 40 persen warga tidak datang ke TPS.

KPU Makassar akan melakukan perekrutan penyelenggara pilwali mulai PPK hingga PPS. Selain tahapan tersebut,  KPU Makassar belum bisa memastikan tahapan Pilwali Makassar selanjutnya. Tahapan selanjutnya baru akan ditentukan dalam rapat pleno KPU Makassar pertengahan bulan hingga akhir bulan ini. "Maret rekrutmen penyelenggara, selanjutnya akan kita rapatkan," ujar Misna. (Tribun Timur/yas/ilo/edi/rud/sur)

Baca juga:


Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Timur
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1401491 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas